EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN AKHLAK BERBASIS MA’HAD BAGI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ANTASARI BANJARMASIN

Huda, Nuril and Dahliana, Difi EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN AKHLAK BERBASIS MA’HAD BAGI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ANTASARI BANJARMASIN. Laporan Penelitian. Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Banjarmasin. (Submitted) (Submitted) (Submitted) (Submitted)

[img] Text
Executive Summary 2020_NurilHuda_Difi.pdf

Download (568kB)

ABSTRAK

Universitas Islam Negeri Antasari menerima mahasiswa baru dari berbagai lulusan sekolah tingkat menengah atas setiap tahun. Heteroginitas latar belakang pendidikan mahasiswa menimbulkan perilaku yang beragam. Agar mahasiswa berakhlak baik sesuai dengan visi UIN Antasari yakni Unggul dan Berakhlak, maka setiap mahasiswa baru diwajibkan mengikuti program pendidikan akhlak selama dua bulan di Ma’had Al-Jami’ah. Program tersebut belum diketahui hasilnya, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian evaluasi yang bertujuan menilai keberhasilan pendidikan akhlak berbasis ma’had tersebut. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan evaluasi CIPP (context, Input, Proces, Product). Populasi penelitian: pengelola; pengajar; murabbi; musyrif; dan mahasiswa baru yang mengikuti program pendidikan akhlak tahun 2019 sebanyak 222 mahasiswa yang penarikan sampelnya ditentukan secara random. Variabel penelitian adalah pendidikan akhlak di Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari meliputi evaluasi konteks, input, proses dan produk. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian evaluasi konteks terkait visi, misi, dan tujuan hasilnya baik. Evaluasi input terhadap perencanaan program seperti pendidikan akhlak, pembinaan keagamaan, sucsess story dan setting goal hasilnya dalam kategori baik. Evaluasi proses terhadap semua program yang direncanakan pengelola ma’had dapat dilaksanakan dengan baik, walaupun masih ada sedikit kekurangan pada aspek waktu pelaksanaannya. Evaluasi produk terkait mahasiswa lulusan dari program pendidikan akhlak berbasis ma’had, hasilnya belum maksimal karena masih ada sebagian mahasiswa yang belum baik akhlaknya.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr Ahdie Anwary
Date Deposited: 28 Jun 2021 04:28
Last Modified: 28 Jun 2021 04:28
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16345

Actions (login required)

View Item View Item