EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ASRAMA 2 ANGKATAN 2020 PADA MASA PANDEMI (COVID-19) MA’HAD AL-JAMI’AH UIN ANTASARI BANJARMASIN (STUDI KASUS MAHASISWI WAJIB ASRAMA)

Yuniarti, Yuniarti (2021) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ASRAMA 2 ANGKATAN 2020 PADA MASA PANDEMI (COVID-19) MA’HAD AL-JAMI’AH UIN ANTASARI BANJARMASIN (STUDI KASUS MAHASISWI WAJIB ASRAMA). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (588kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB I YUNI.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB II YUNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB III YUNI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB IV YUNI.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI YUNI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena di mana banyak dijumpai mahasiswi tidak menerapkan pembiasaan akhlakul karimah yang diajarkan di Ma’had dengan baik. Mempelajari pendidikan karakter adalah salah satu usaha nyata untuk menumbuhkan kembali pentingnya adab sebelum ilmu. Dalam proses penerapan pendidikan karakter tentu diperlukan sebuah pembiasaan. Pembiasaan mempunyai peran penting dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan karakter. Ma’had adalah sebuah wadah memulai kembali pembentukan karakter seperti bagaimana cara bersikap, bersosialisasi dengan baik kepada pengajar maupun teman sebaya. Setiap proses pembelajaran pasti ada faktor pendukung dan penghambatnya seperti latar belakang mahasiswa, lingkungan dan pendidikan sebelumnya. Sedangkan dari keadaan pendidik juga berpengaruh berhasil tidaknya pembinaan tersebut serta keadaan sarana dan prasarana yang ada di asrama 2. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan melalui metode pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang, yaitu 1 Murobbiyah Asrama 2 dan 3 orang Musyrifah. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan pendidikan karakter di asrama 2 angkatan 2020 pada masa pandemi (covid 19) Ma’had al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhi dan menghambat proses penerapan pendidikan karakter di asrama 2. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, klasifikasi dan interpretasi data. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dalam penerapan pendidikan karakter, yaitu dengan cara pembiasaan, suri taladan murobbiyah dan musyrifah serta hukuman/sanksi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi dan menghambat proses penerapan pendidikan karakter adalah keadaan mahasantriwati, keadaan pendidik, dan asrama.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Jul 2021 00:38
Last Modified: 12 Jul 2021 00:38
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16454

Actions (login required)

View Item View Item