EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penggunaan Ayat-Ayat Al-Qur`an Sebagai Amalan Istighatsah Di Pondok Pesantren Al-Ihsan Putri Banjarmasin

Masyithah, Masyithah (2021) Penggunaan Ayat-Ayat Al-Qur`an Sebagai Amalan Istighatsah Di Pondok Pesantren Al-Ihsan Putri Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (305kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (976kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (6kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Al-Qur`an tidak akan lepas dari kehidupan bermasyarakat, terlebih lagi bagi masyarakat Indonesia yang mayoritasnya beragama Islam. Dapat dilihat bagaimana proses Qur`anisasi telah merasuk dan berbaur pada masyarakat kita. Banyak contoh yang terlihat dalam fenomena ini. Salah satunya adalah munculnya ragam amalanamalan yang digunakan dalam masyarakat, sesuai dengan apa yang dibutuhkan bagi kelompok masyarakat tersebut. Proses amalan yang melibatkan ayat-ayat al-Qur`an ini adalah bagian dari bentuk fenomena living Qur`an. Dalam tulisan penelitian ini membicarakan salah satu bentuk dari fenomena living Qur`an, yakni adalah kegiatan amalan istighatsah yang diamalkan oleh Pondok Pesantren Al-Ihsan Putri di Kota Banjarmasin. Penelitian ini berfoukus pada apa saja ayat al-Qur`an yang digunkana, teknis pengamalannya, tujuan dan manfaat dari peristiwa penggunaan ayat-ayat al-Qur`an sebagai bagian dari amalan istighatsah. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian field research dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data diperoleh dengan wawancara secara langsung dengan pihak terkait guna mendapatkan hasil yang diinginkan. Ditambah dengan menelaah literatur yang terkait dengan bahasan dalam penelitian. Adapun hasil dari penelitian adalah gambaran bagaimana amalan istighatsah tersebut dilaksanakan setiap hari oleh Pondok Pesantren Al-Ihsan Putri Banjarmasin. Salah satu bagian ayat yang dipakai dalam istighatsah oleh Pondok Pesantren Al-Ihsan Putri Banjarmasin adalah surat al-Fatihah, surat Maryam ayat 1, surat asy-Syura ayat 1, surat Qaf ayat 1, surat Yasin ayat 1, surat an-Naml ayat 30-31 dan surat Ali Imran ayat 9. Kegiatan amalan istighatsah tersebut dikerjaan pada waktu sepertiga malam, yakni jam 04.30 hingga menjelang waktu subuh. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara berjamaah oleh seluruh santriwati setiap harinya. Tujuan yang ingin diperoleh oleh Pondok Pesantren Al-Ihsan Putri Banjarmasin, diantaranya adalah terjaga dari segala marabahaya, sebagai amalan yang dapat mendatangkan rezeki dan sebagai mahabbah. Manfaat yang diperoleh adalah dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah dan memberikan rasa berharap hanya kepada Allah melalui kegiatan amalan istighatsah tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:45
Last Modified: 28 Jul 2021 03:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16618

Actions (login required)

View Item View Item