EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Adab Santri Terhadap Guru di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Darul Ilmi Unit 257 Kota Banjarmasin

Rifki, Muhammad (2021) Adab Santri Terhadap Guru di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Darul Ilmi Unit 257 Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (663kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Seiring berkembangnya zaman, penghormatan terhadap guru semakin merosot. Berdasarkan pengalaman penulis mengajar di TPA, adab santri terhadap guru sangat memprihatinkan, seperti ketika berbicara mengeluarkan nada suara lebih tinggi dari gurunya, tidak mengucapkan salam, dll. Seharusnya anak santri lebih beradab dari pada anak umum lainnya. Hal seperti ini merupakan suatu masalah dan tantangan bagi guru – guru agama dalam mendidik agar menjadi anak santri yang berakhlak mulia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan adab santri terhadap guru serta faktor pendukung dan penghambat adab santri terhadap guru di TPA Darul Ilmi Unit 257 Kota Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), menggunakan metode kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah adab santri terhadap guru yang terdiri bentuk-bentuk adab, peran guru dalam membina adab, metode dalam membina adab, serta faktor pendukung dan penghambat adab santri terhadap guru di TPA Darul Ilmi Unit 257 Kota Banjarmasin. Sedangkan subjek penelitian adalah kepala unit, guru-guru, orang tua santri dan anak santri. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data akan diolah dengan cara kondensasi data, data display, penarikan kesimpulan dan selanjutnya data akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa adab santri terhadap guru di TPA Darul Ilmi Unit 257 Kota Banjarmasin dapat menerapkan melalui bentuk-bentuk adab santri (mengucapkan salam, mencium tangan, membungkukkan badan, dll. terhadap guru). Dalam membina adab santri perlu adanya peran guru sebagai pembimbing, penasehat, dan teladan. Metode yang digunakan dalam membina adab santri berupa keteladanan, pembiasaan serta nasehat dan bmbingan. Adapun faktor pendukungnya (guru, orang tua dan pembawaan anak santri). Sedangkan faktor penghambatnya (anak santri, teman, keluarga, lingkungan dan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Farah Aida Farah Aida Farah Aida
Date Deposited: 29 Jul 2021 01:29
Last Modified: 29 Jul 2021 01:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16633

Actions (login required)

View Item View Item