EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN FIQH PADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANJAR MARTAPURA

Aisyah, Aisyah (2021) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN FIQH PADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANJAR MARTAPURA. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (57kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (805kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (697kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (220kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (643kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pokok masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana memanfaatkan penggunaan media sosial didalam pembelajaran fiqh khususnya kelas XI di MAN 4 Banjar Martapura. Penggunaan media sosial digunakan pada saat pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring atau jarak jauh, kemudian ini akan dijadikan pijakan dasar untuk masalah yang akan disajikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penggunaan media sosial yang diterapkan pada siswa kelas XI di MAN 4 Banjar Martapura dan mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat penggunaan media sosial dalam pembelajaran Fiqh kelas XI di MAN 4 Banjar Martapura.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai Penggunaan Media Sosial Dalam Pembelajaran Fiqh Pada Siswa Di Madrasah AliyahNegeri 4 Banjar Martapura dan Mengetahui Hal-Hal apa saja yang mempengaruhi penggunaan media sosial pada pembelajaran fiqh kelas XI di MAN 4 Banjar Martapura. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang berusaha menuturkan masalah yang ada berdasarkan hasil wawancara ataupun observasi dengan informan. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan menggunakan media sosial sebagai medianya, dimulai dari perencanaan guru, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan media sosial. dan Subjek penelitian adalah 1 guru mata pelajaran fiqh kelas XI dan 6 siswa/i kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 4 Banjar Martapura. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa Penggunaan Media sosial yang diterapkan terlaksana dengan baik, dapat dilihat pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang mengacu pada Kurikulum 2013 (K13) serta dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Untuk jenis media yang digunakan ada 3 jenis media sosial yaitu youtube, google meet, dan whatsapp. Hal-hal yang mempengaruhi dalam pembelajaran fiqh dengan menggunakan media sosial diantaranya meliputi pengalaman mengajar pendidik, penguasaan guru terhadap media sosial, adanya persiapan sebelum menggunakan media sosial, adanya fasilitas sarana dan prasarana, terkendala jaringan internet, teratasnya kuota dan keadaan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 30 Jul 2021 00:37
Last Modified: 30 Jul 2021 00:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16642

Actions (login required)

View Item View Item