EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Materi Dasar Fikih pada Masa Pandemi Covid-19 di Asrama IV UPT. Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin

Muhajir, Ahmad (2021) Pembelajaran Materi Dasar Fikih pada Masa Pandemi Covid-19 di Asrama IV UPT. Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (693kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (674kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (282kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (904kB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran materi dasar keagamaan yang baru diadakan oleh UPT. Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin di awal tahun 2018 sesuai kebijakan rektor tahun 2018/2019 serta memberikan pengetahuan betapa pentingnya ilmu fikih ini dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran materi dasar fikih pada masa pandemi Covid-19 di asrama IV serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran materi dasar fikih pada masa pandemi Covid-19 di asrama IV UPT. Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang tergolong dalam penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu 1 orang ustaz selaku pengajar dan 24 mahasantri selaku peserta didik. Adapun yang menjadi objek penelitian yaitu pembelajaran materi dasar fikih pada masa pandemi Covid-19 di asrama IV. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi dasar fikih pada masa pandemi Covid-19 di asrama IV UPT. Ma’had AlJami’ah UIN Antasari Banjarmasin dilaksanakan secara sistematis yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan meliputi; pembuatan modul sebagai pendukung kegiatan-kegiatan pembelajaran; desain model pembelajaran; dan rapat persiapan sebelum pembelajaran berlangsung. Tahap Pelaksanaan dilakukan menggunakan aplikasi whatsapp dan metode yang digunakan ada metode tanya jawab. Tahap evaluasi dilakukan dengan pemberian link google forms sebagai tempat mahasantri menjawab soal evaluasi dengan waktu yang sudah ditentukan. Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran terdiri dari pembelajaran yang menggunakan aplikasi whatsapp yang tidak memerlukan jaringan yang kuat serta kuota yang banyak, materi yang diajarkan adalah materi yang dasar, bimbingan yang bagus dari musyrif serta penjelasan ustaz yang sangat jelas dan mudah dipahami. Sedangkan faktor penghambat adalah perubahan pada sistem daring sehingga tujuan dari asrama itu sendiri menjadi terhambat. Jaringan dan kuota yang juga menjadi faktor utama dalam pembelajaran daring.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Farah Aida Farah Aida Farah Aida
Date Deposited: 05 Aug 2021 02:54
Last Modified: 05 Aug 2021 02:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16785

Actions (login required)

View Item View Item