EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

RESPON MASYARAKAT TERHADAP PENDAPAT ULAMA TENTANG BEBERAPA KEGIATAN KEAGAMAAN DI MARTAPURA

Mawaddah, Zahiratul (2021) RESPON MASYARAKAT TERHADAP PENDAPAT ULAMA TENTANG BEBERAPA KEGIATAN KEAGAMAAN DI MARTAPURA. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (127kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (721kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (674kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (474kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (637kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar, sebagian masyarakatnya melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan, ada yang berasal dari warisan tradisi budaya leluhur namun dibalut nuansa Islam, dan ada juga kegiatan keagamaan setelah Islam. Para ulama tidak sama pendapatnya tentang kegiatan keagamaan tersebut, hal ini juga direspon oleh masyarakat dengan sikap berbeda-beda. Fokus penelitian ini adalah mengetahui bagaimana gambaran kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh masyarakat di Kecamatan Martapura, bagaimana pendapat ulama tentang kegiatan keagamaan tersebut dan bagaimana respon masyarakat tehadap pendapat ulama tersebut. Lokasi penelitian di beberapa kelurahan dan desa di Kecamatan Martapura, yaitu Pesayangan, Pekauman, Sekumpul, Keraton, Tanjung Rema, Tunggul Irang dan Cindai Alus. Subjek penelitian ini adalah warga masyarakat dan ulama. Data lapangan digali melalui teknik observasi, wawancara dan dokumenter. Hasil penelitian menyimpulkan, warga masyarakat di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar sebagian masih melaksanakan kegiatan keagamaan, baik yang merupakan warisan budaya sebelum Islam maupun sesudah Islam. Warisan sebelum Islam seperti mandi-mandi pengantin dan mandi-mandi hamil yang diisi dengan bacaan sholawat dan doa-doa, dimaksudkan untuk meneruskan tradisi leluhur, sementara kegiatan keagamaan sesudah Islam seperti maaruah, bahilah, ziarah kubur ulama, haulan dan manakib dimaksudkan untuk mengambil berkah dan keteladanan. Pendapat ulama di Kecamatan Martapura terhadap kegiatan keagamaan tersebut yaitu pertama setuju dan melaksanakan dengan alasan kegiatan tersebut tidak menyalahi syariat dan banyak manfaatnya bagi masyarakat disertai bimbingan agar tidak menyimpang, kedua tidak setuju dan tidak melaksanakan karena tidak ada perintahnya dalam agama, dan mereka lebih menyarankan masyarakat melaksanakan ajaran agama yang jelas perintahnya saja. Namun ada juga ulama yang setuju tapi tidak melaksanakan kegiatan tersebut. Respon masyarakat terhadap pendapat ulama tentang kegiatan keagamaan tersebut yaitu untuk ulama yang tidak setuju dengan kegiatan keagamaan tersebut awal mulanya bertanya-tanya, namun kemudian memahami dan tetap menghargai pendapat beliau, dan bagi ulama yang setuju maka mereka mengikuti dan mengundang beliau untuk memimpin kegiatan keagamaan yang mereka laksanakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 09 Aug 2021 02:51
Last Modified: 09 Aug 2021 02:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16845

Actions (login required)

View Item View Item