EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembinaan Keagamaan Anak Pada Keluarga Pekerja Di Sektor Perikanan Kelurahan Pelambuan Banjarmasin

Ramayani, Fitria (2021) Pembinaan Keagamaan Anak Pada Keluarga Pekerja Di Sektor Perikanan Kelurahan Pelambuan Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (221kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (695kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (770kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembinaan keagamaan anak pada keluarga pekerja di sektor perikanan kelurahan Pelambuan Banjarmasin yang meliputi tentang tujuan pembinaan, materi pembinaan, metode pembinaan dan waktu pembinaan keagamaan anak pada keluarga pekerja di sektor perikanan, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang menndukung dan menghambat pembinaan keagamaan anak pada keluarga pekerja di sektor perikanan Kelurahan Pelambuan Banjarmasin yang terdiri dari latar belakang pendidikan orang tua, waktu kesempatan yang tersedia, motivasi orang tua, lingkungan dan sosial keagamaan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), meneliti data yang diperlukan mengenai pembinaan keagamaan anak pada keluarga pekerja di sektor perikanan kelurahan Pelambuan Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan menggunakan editing, klasifikasi data dan intrepretasi data. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif dan analisis data secara kualitatif mengenai pembinaan keagamaan anak pada keluarga pekerja di sektor perikanan Kelurahan Pelambuan Banjarmasin. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pembinaan keagamaan anak pada keluarga pekerja di sektor perikanan rata-rata sudah melakukan pembinaan kepada anak-anaknya, akan tetapi masih ada yang belum maksimal dalam melakukannya, dikarenakan waktu yang tersedia ketika di rumah sangat sedikit dan terkadang dipergunakan hanya untuk beristirahat. Meskipun pekerjaan yang biasa dilakukan dari malam sampai pagi, namun ada juga keluarga yang cukup disiplin dalam melakukan pembinaan keagamaan kepada anak-anaknya. Materi yang biasa diajarkan tentang cara shalat, puasa, membaca Al-Qur’an, hafalan surah-surah pendek, doa-doa harian, dan cara bertata krama kepada orang lain. Faktor pendukung dan penghambat pembinaan keagamaan anak adalah latar belakang pendidikan orang tua, waktu kesempatan yang tersedia, lingkungan dan sosial keagamaan, juga berkaitan dengan peran dan fungsi keluarga karena hal tersebut menjadi problem utama dalam pembinaan keagamaan pada anak, selain itu aspek religius juga berpengaruh besar terhadap pembinaan keagamaan anak, serta pengaruh pendidikan sangat luar biasa dan menjadi faktor pendukung bagi orang tua dalam memberikan pembinaan keagamaan pada anak. Ini dibuktikan dengan orang tua yang rata-rata lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) memberikan alternatif pemahaman penggunaan media lain seperti internet dan youtube sebagai penunjang dalam pembinaan keagamaan pada anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Farah Aida Farah Aida Farah Aida
Date Deposited: 09 Aug 2021 03:09
Last Modified: 09 Aug 2021 03:09
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16852

Actions (login required)

View Item View Item