EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Karakter Religius pada Nyanyian Mata Pelajaran Alquran Hadits Madrasah Ibtidaiyah Terbitan KEMENAG

Mirawati, Mirawati (2021) Analisis Karakter Religius pada Nyanyian Mata Pelajaran Alquran Hadits Madrasah Ibtidaiyah Terbitan KEMENAG. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (482kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (876kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pendidikan karakter tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja tetapi dalam agama Islam pun menjadi sesuatu hal yang mutlak. Karakter utama yang harus ditanamkan pada peserta didik dan menjadi dasar untuk tercapainya kemajuan suatu bangsa yaitu karakter religius. Penanaman nilai karakter religius ini dapat diterapkan melalui materi ajar, salah satu cara untuk memudahkan penanaman nilai karakter pada anak usia Madrasah ibtidaiyah adalah dengan meggunakan nyanyian yang memuat nilai-nilai positif dan pesan moral di dalamnya. tujuan penelitian adalah untuk mengetahui muatan karakter religius pada nyanyian mata pelajaran Alquran Hadits Madrasah ibtidaiyah kelas I-VI pada buku terbitan kemenag apakah sudah memuat nilai-nilai karakter religius. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kepustakaan (library research). Library research adalah penelitian dengan cara mengadakan studi secara teliti literatur-literatur yang berkaitan dengan pokok-pokok permasalahan yang dibahas, biasa dikenal dengan mengkaji bahan pustaka atau hanya disingkat dengan kajian pustaka atau telaah pustaka (literature review). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan mengadakan survey bahan-bahan kepustakaan untuk mengumpulkan bahan, dan study literature dengan mempelajari bahan-bahan yang berkenaan dengan objek penelitian. Perpustakaan yang menjadi tempat survey adalah perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin, perpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, perpustakaan jurusan PGMI, perpustakaan dan arsip daerah provinsi Kalimantan Selatan, perpustakaan daerah Kabupaten Balangan dan perpustakaan Kecamatan Desa Batumandi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa tidak semua sub bab materi terdapat nyanyian. Bahkan pada kelas VI (enam) tidak terdapat nyanyian didalam buku paket siswa maupun guru. Pendidikan nilai karakter religius yang terdapat dalam nyanyian mata pelajaran Alquran Hadits Madrasah Ibitidaiyah Terbitan Kemenag, yakni : Nilai Ilahiyah: Iman, Ikhlas Dan Takwa. Serta karakter religius dalam nilai Insaniyah Yakni: Al-Ukhwah, Silaturahim dan Al-Musawah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Farah Aida Farah Aida Farah Aida
Date Deposited: 16 Aug 2021 01:16
Last Modified: 16 Aug 2021 01:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17014

Actions (login required)

View Item View Item