EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Arrahmah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar

Aspian, Muhammad (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Arrahmah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (652kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (657kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini secara umum adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengupayakan strategi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran PAI khususnya Al-Qur’an Hadits dan untuk memberikan motivasi serta perhatian pada peserta didik yang bermasalah dengan pembelajaran Al-Qur’an Hadits, serta untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Arrahmah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang terjun langsung kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah satu orang pendidik. Dan objek penelitian ini adalah Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Arrahmah kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan menggunakan teknik observasi yaitu pengumpulan data melalui pengamatan yang dilakukan saat pelaksanaan proses pembelajaran/belajar mengajar berlangsung. Selanjutnya juga digunakan teknik wawancara yaitu tanya jawab atau interview pada subjek penelitian yaitu satu orang pendidik mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Arrahmah Sungai Tabuk. Terakhir teknik yang digunakan adalah dokumenter yaitu mencatat hal-hal apa saja yang diperlukan dalam penelitian ini, terutama berupa arsip-arsip dan juga buku-buku yang berkaitan dengan masalah penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran al-qur’an hadits di MA Arrahmah Sungai Tabuk sudah cukup terlaksana dengan baik, dari perencanaan yang dibuat, pelaksanaan dan proses evaluasi. Akan tetapi faktor pendidik sebagai fasilitator dalam pembelajaran al-qur’an hadits masih cenderung belum melaksanakan kewajibannya dengan baik seperti hal nya sering tidak masuk kelas disebabkan pendidik melaksanakan tugas yang lain di luar tugasnya sebagai guru atau pendidik yaitu sebagai pegawai Kantor Urusan Agama (KUA) di Sungai Tabuk.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:11
Last Modified: 03 Sep 2021 02:11
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17182

Actions (login required)

View Item View Item