EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

BIMBINGAN KEAGAMAAN DI PANTI ASUHAN MAQOMAMMAHMUDA KECAMATAN KEHAYAN HILIR PULANG PISAU

Hartati, Neli (2021) BIMBINGAN KEAGAMAAN DI PANTI ASUHAN MAQOMAMMAHMUDA KECAMATAN KEHAYAN HILIR PULANG PISAU. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Penyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (398kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (899kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (629kB)

ABSTRAK

Proses penyebaran ajaran Islam tidak hanya dilakukan dengan ceramah semata, tetapi juga dapat dilakukan dengan aksi konkrit melalui gerakan sosial kemanusiaan. Penyebaran ajaran Islam dapat dilakukan dengan metode bimbingan atau penyuluhan kepada orang yang membutuhkan, termasuk anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan bimbingan keagamaan yang dilaksanakan oleh panti Asuhan Maqomammahmuda dan mendeskripsikan hasil yang dicapai dalam pelaksanaan bimbingan keagamaan tersebut. Subjek penelitian disini adalah pengasuh, pembimbing dan anak asuh. Objek penelitian ini adalah proses pelaksanaan bimbingan keagamaan yang diberikan kepada anak asuh dan hasil yang telah dicapai dalam bimbingan keagamaan di Panti Asuhan Maqomammahmuda. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode dalam penelitian ini adalah metode field research (penelitian lapangan), yaitu penulis terjun langsung kelapangan untuk menggali data yang diperlukan sesuai dengan masalah yang diteliti. Pendekatan yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan proses bimbingan keagamaan yang dilaksanakan di Panti Asuhan Maqomammahmuda adalah bimbingan pengajaran Alquran yaitu dengan belajar membaca Iqra dilanjutkan dengan belajar kitab Alquran beserta tajwid, dan dalam bimbingan shalat, prosesnya yaitu dengan praktek dan menghafal bacaan-bacaan shalat, serta dalam bimbingan akhlak prosesnya dilakukan melalui nasehat dalam bentuk ceramah, tausyiah, maupun dengan cara teguran, serta keteladanan. Hasil yang dicapai dalam bimbingan pengajaran Alquran yaitu anak asuh fasih dalam membaca Alquran beserta tajwid dan mempunyai hafalan surah-surah Alquran dan dalam bimbingan shalat yaitu anak asuh mulai dapat menyempurnakan shalatnya, anak asuh dapat menjadi imam untuk memimpin shalat berjamaah. Serta dalam bidang akhlak anak asuh dapat berakhlak dengan baik dan benar walaupun ada sebagian yang masih susah untuk di atur.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 14 Oct 2021 08:20
Last Modified: 14 Oct 2021 08:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17330

Actions (login required)

View Item View Item