EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

DAMPAK PENGGUNAAN DANA DESA UNTUK PEMBANGUNAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Pematang Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan)

Hatimah, Nor (2021) DAMPAK PENGGUNAAN DANA DESA UNTUK PEMBANGUNAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Pematang Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukan bagi desa untuk digunakan dalam rangka mendanai penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, pemberdayaan masyarakat, serta kegiatan kemasyarakatan lainnya. Desa sepenuhnya memiliki hak untuk mengelola dan menggunakan dana yang sudah diberikan oleh pemerintah untuk dipergunakan sesuai dengan prioritas penggunaan dana desa yang sudah ditetapkan. Dengan besarnya kucuran dana desa setiap tahunnya yang di alokasikan oleh pemerintah kepada desa maka mucul pertanyaan bagaimana penggunaan dari anggaran dana tersebut apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan pemerintah dan memberikan dampak positif bagi masayarakat. Penelitian ini adalah merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan penelitian yang bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak yang dihasilkan dari penggunaan dana desa yang ada di Desa Pematang Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan serta pandangan ekonomi islam mengenai penggunaan dana desa yang di hasilkan apakah sudah sesuai dengan prioritas dari penggunaan dana desa dan juga nilai dasar dalam ekonomi ekonomi islam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi yang dilakukan kepada sembilan orang informan penelitian serta pengumpulan dokumen-dokumen realisasi dari penggunaaan dana desa dari kantor kepala desa Pematang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dampak dari penggunaan dana desa yang ada di Desa Pematang Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan sudah berjalan dengan semestinya, terlihat dari hasil pembangunan yang terealisasi dari anggaran dana desa sehingga terwujudnya kesejahteraan bagi masyarakat desa. Disamping itu penggunaan dana desa yang sudah dilakukan sudah berjalan berdasarkan nilai dasar ekonomi islam yaitu berkeadilan bagi masyarakat dengan melibatkan seluruh masyarakat dalam mengelola dan menggunakan dana yang sudah diberikan, serta memiliki tanggung jawab yang sama antara aparatur desa dan warga sekitar dalam mempergunakan dan menjaga hasil dari pembangunan tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 25 Oct 2021 02:37
Last Modified: 25 Oct 2021 02:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17365

Actions (login required)

View Item View Item