EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGUASAAN HARD SKILL PADA MAHASISWA PGMI UIN ANTASARI BANJARMASIN ANGKATAN 2017

Sari, Noor Tiara (2021) PENGUASAAN HARD SKILL PADA MAHASISWA PGMI UIN ANTASARI BANJARMASIN ANGKATAN 2017. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1.PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN- NOOR TIARA SARI 170102070013.pdf

Download (321kB)
[img] Text
2.AWAL .pdf

Download (911kB)
[img] Text
3.ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (746kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (498kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (368kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)
[img] Text
10.LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan hard skill oleh mahasiswa PGMI UIN Antasari Banjarmasin angkatan 2017 dan mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penguasaan hard skill pada mahasiswa PGMI UIN Antasari Banjarmasin angkatan 2017. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Dengan jumlah informan utama 42 orang yang diambil 6 orang setiap kelas mahasiswa PGMI UIN Antasari Banjarmasin angkatan 2017 dengan teknik pemilihan informan menggunakan Convenience Samping. Informan penunjang adalah dosen pengampu dan staf jurusan PGMI UIN Antasari Banjarmasin. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan 8 orang dari 42 mahasiswa tidak dapat menguasai media pembelajaran, tetapi 34 orang lainnya dapat menguasai media pembelajaran dalam proses mengajar mereka. Maka, dapat disimpulkan Penguasaan hard skill pada mahasiswa PGMI UIN Antasari Banjarmasin angkatan 2017 sudah dikuasai dengan baik dan peningkatan keterampilan teknis juga sudah dilakukan dengan cara mewajibkan mahasiswa untuk mengambil mata kuliah Media dan Sumber Belajar. Dalam perkuliahan tersebut mahasisswa dibekali denga toieri dan juga praktek. Selain dengan mengambil mata kuliah wajib mahasiswa juga mengikuti pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan pembuatan maupun keterampilan teknis menggunakan media pembelajaran. Faktor pendukung dari proses penguasaan ini adalah motivasi diri sendiri yang mana ada kemauan untuk mengembangkan diri dan menjadikan diri lebih terampil dalam kemampuan teknis menggunakan media pembelajaran. Faktor penghambat yaitu masa Pandemi Covid-19, keterbatasan alat dan dana yang tidak terjangkau untuk membuat media yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 08 Nov 2021 05:03
Last Modified: 08 Nov 2021 05:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17506

Actions (login required)

View Item View Item