EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Resepsi Masyarakat Terhadap Teks Al-Qur’an. (Studi Living Qur’an di Desa Barambai Kolam Kanan, Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala)

Arisandi, Uka (2020) Resepsi Masyarakat Terhadap Teks Al-Qur’an. (Studi Living Qur’an di Desa Barambai Kolam Kanan, Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (213kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (889kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (714kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (317kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)

ABSTRAK

Al-Qur’an adalah panduan hidup bagi umat dan sebuah kitab rujukan yang hakiki. Ia petunjuk jalan menuju kabahagiaan dunia dan akhirat. Al-Qur’an memberikan apa yang dibutuhkan oleh siapa saja yang mau berinteraksi bersamanya, dengan cara membaca dan mengamalkannya. Dari setiap ayat terdapat fadhilah, dan hal itu diyakini oleh masyarakat hari ini, oleh karena itu masyarakat mengamalkan ayat-ayat tersebut berdasarkan fadhilah yang terkandung di dalamnya yang dianggap berkaitan dengan kehidupan keseharian mereka. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), dengan lokasi di Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala, studi Living Qur’an. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yaitu subjek yang diteliti memakai pemikiran ataupun tindakan dilihat dari realitas yang ada secara faktual dan akurat. Data didapat dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dukumentasi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah, tokoh masyarakat, dan masyarakat secara umum dari berbagai level. Sedangkan objek penelitian ini adalah proses resepsi masyarakat terhadap teks al-Qur’an. Setelah dilakukan penelitian, maka diperoleh hasil sebagai berikut: hasil di lapangan menunjukkan, resepsi masyarakat terhadap teks al-Qur’an di Desa Barambai Kolam Kanan, Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala. Dengan dua cara, pertama resepsi eksegesis yaitu mempelajari dan membaca. Kedua resepsi fungsional yaitu al-Qur’an tidak hanya dibaca dan didengar namun juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa surah yang sering dibaca dan diamalkan oleh masyarakat adalah surah Yasin, al-Waqiah, dan al-Mulk. Selain dibaca sendiri-sendiri ketika setelah sholat, al-Qur’an juga dibaca secara bersamaan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan, misalnya membaca surah Yasin pada malam jum’at di salah satu rumah warga, dan di acara syuroan atau selamatan pada saat malam satu Muharram. Adapun dorongan masyarakat untuk membaca dan mengamalkan beberapa surah tersebut karena adanya fadhilah yang terkandung dalam surah, selain itu membaca al-Qur’an untuk dihadiahkan kepada keluarga yang telah meninggal dunia, dengan harapan pahala dari bacaan sampai kepada keluarga tersebut, dan mengharapkan keberkahan dari al-Qur’an itu sendiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:46
Last Modified: 17 Nov 2021 03:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17550

Actions (login required)

View Item View Item