EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Pembelajaran Mata Kuliah Fikih Mawaris di Fakultas Syariah UIN Antasari Banjarmasin

Ikhsan, Muhammad (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Mata Kuliah Fikih Mawaris di Fakultas Syariah UIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (680kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Mempelajari dan mengajarkan ilmu waris tidaklah mudah karena bukan hanya mempelajari soal teori saja namun juga memahami cara pembagian dan perhitungannya, sedangkan latar belakang pendidikan mahasiswa yang berbeda beda juga menjadi penghambat dalam proses pembelajaran tersebut. sehingga perlunya kemampuan dosen dalam menjelaskan dan memahamkan materi ini kepada mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Mata kuliah Fikih Mawaris di Fakultas Syariah UIN Antasari Banjarmasin khususnya pada Jurusan Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran mata kuliah Fikih Mawaris di Fakultas Syariah UIN Antasari Banjarmasin. Subjek penlitian ini adalah 1 orang dosen pengampu mata kuliah Fikih mawaris dan mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah), sedangkan objek penelitian ini adalah tentang pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Fikih Mawaris di Fakultas Syariah UIN Antasari Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, klasifikasi data dan interpretasi data. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis secara deskriptif dengan mengambil kesimpulan secara induktif. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau tulisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Fikih Mawaris di Fakultas Syariah UIN Antasari Banjarmasin khususnya pada Jurusan Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) meliputi: adanya perencanaan pembelajaran berupa Rencana Pembelajaran Semester (RPS); proses pelaksanaan pembelajaran berupa kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup; metode pembelajaran yang digunakan oleh dosen yaitu ceramah dan diskusi; media pembelajaran yang digunakan oleh dosen yaitu literatur, white board, spidol, kertas latihan dan kalkulator; serta evaluasi pembelajaran berbentuk post test dan sumatif. Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran mata kuliah Fikih Mawaris di Fakultas Syariah pada Jurusan Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) ialah literatur dan internet serta faktor penghambatnya ialah hanya pada diri dan kedisiplinan mahasiswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wahidah Wahidah Wahidah
Date Deposited: 18 Nov 2021 02:31
Last Modified: 18 Nov 2021 02:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17554

Actions (login required)

View Item View Item