EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAN MASJID AL-MUKARRAMAH DESA BANGKAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM MASYARAKATNYA

Nurjannah, Wahyu (2021) PERAN MASJID AL-MUKARRAMAH DESA BANGKAL KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM MASYARAKATNYA. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (42kB)
[img] Text
WNJ-AWAL.pdf

Download (888kB)
[img] Text
WNJ-ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
WNJ-BAB I.pdf

Download (750kB)
[img] Text
WNJ-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] Text
WNJ-BAB III.pdf

Download (363kB)
[img] Text
WNJ-BAB IV.pdf

Download (891kB)
[img] Text
WNJ-BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
WNJ-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
WNJ-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Majunya teknologi dan perubahan zaman saat ini tentunya mempengaruhi keberagamaan masyarakat. Masjid sebagai tempat ibadah salat diyakini memiliki peran lebih dalam pembinaan keberagamaan masyarakat sekitarnya. Begitu pula masjid dari peninggalan ulama ternama yang menyebarkan agama Islam pertama kali di Kabupaten Balangan. Namun hal tersebut jarang menjadi sorotan oleh masyarakat sekitarnya maupun masyarakat luas pada umumnya, yang menganggap peran masjid hanya sebagai tempat ibadah semata. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) yang bersifat deskriptif. Subjek pemelitian ini adalah pengurus masjid dan Pembina kegiatan keagamaan masyarakat berjumlah 5 orang beserta beberapa masyarakat di sekitar Masjid Al-Mukarramah Desa Bangkal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Objek penelitian ini adalah peran Masjid Al-Mukarramah Desa Bangkal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan dalam Pendidikan Islam masyarakatnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian meliputi teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dan dianalisis dengan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Masjid Al-Mukarramah Desa Bangkal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan berperan penting dalam Pendidikan Islam masyarakat, khususnya masyarakat sekitar masjid di Desa Bangkal. Sebagai lembaga Pendidikan Islam, Masjid Al-Mukarramah menjadi tempat ibadah, sebagai tempat dakwah dan juga sossl kemasyarakatan. Tentunya dalam penyelenggaraannya terdapat faktor penghambat dan pendukung dari Pendidikan Islam masyarakatnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 24 Nov 2021 01:54
Last Modified: 24 Nov 2021 01:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17598

Actions (login required)

View Item View Item