EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penggunaan Ayat Al-Qur‟an Untuk Sarat Rumah Oleh Masyarakat Kecamatan Bati-Bati

Prayugo, Prasetyo Eko (2021) Penggunaan Ayat Al-Qur‟an Untuk Sarat Rumah Oleh Masyarakat Kecamatan Bati-Bati. Skripsi, USHULUDDIN DAN HUMANIORA.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (373kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (961kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (424kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (581kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini merujuk pada pola interaksi masyarakat terhadap al-Qur‟an. Masyarakat mencoba secara langsung berinteraksi, memperlakukan, dan menerapkan al-Qur‟an secara praktis dalam kehidupan sehari-hari. Beragam cara yang dilakukan masyarakat dalam berinteraksi dengan al-Qur‟an, ada yang hanya membacanya untuk memperoleh ketenangan jiwa, mengamalkannya untuk terapi pengobatan, kemudian ada pula yang menggunakan ayat al-Qur‟an untuk melindungi rumah dari gangguan jin dan setan. Ini merupakan salah satu bentuk fenomena living Qur‟an, karena dalam proses penggunaannya turut menyertakan ayat-ayat al-Qur‟an. Dalam tulisan penelitian ini membicarakan tentang penggunaan ayat al-Qur‟an untuk sarat rumah oleh masyarakat Kecamatan Bati-bati. Penelitian ini berfokus pada latar belakang dan tujuan penggunaan ayat al-Qur‟an serta pengaplikasian ayat al-Qur‟an yang digunakan untuk sarat rumah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh di lapangan dirangkum dengan memilih hal-hal yang pokok serta disusun secara sistematis. Kemudian diuraikan atau disajikan dalam laporan hasil penelitian dan dilakukan analisis secara kualitatif. Adapun hasil penelitian ini yaitu bahwa ayat yang digunakan untuk sarat rumah adalah al-Fâtihah, al-Baqarah, Ali-„Imrân ayat 173, Yûsuf ayat 64, al-Anbiyâ` ayat 87, Yâsîn, al-Jinn, al-Ikhlâsh, al-Falaq, dan an-Nâs. Latar belakang penggunaan ayat al-Qur‟an untuk sarat rumah karena adanya keutamaan dan khasiat dari ayat-ayat alQur‟an tersebut dan karena adanya keinginan atau dorongan untuk memperoleh keamanan demi untuk mempertahankan keberlangsungan hidup. Tujuan menggunakan ayat al-Qur‟an untuk sarat rumah yaitu, sebagai sarana perlindungan dan keamanan dari gangguan buruk, sebagai penolak bala, agar rumah tidak seperti kuburan karena sepi dari zikir dan ketaatan kepada Allah, agar mendapat keberkahan dari ayat al-Qur‟an, dan agar memperoleh kebahagiaan. Adapun pengaplikasian ayat al-Qur‟an yang digunakan untuk sarat rumah dilakukan dengan dua bentuk, yaitu dibaca dan ditulis.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2021 00:35
Last Modified: 29 Nov 2021 00:35
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17615

Actions (login required)

View Item View Item