EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN GRIYA AKAD MURABAHAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KC BANJARBARU

Munawaroh, Siti (2021) IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN GRIYA AKAD MURABAHAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KC BANJARBARU. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DARTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, juga mampu menyejahterakan perekonomian hanya dengan mengajukan permohonan kredit kepada bank, baik dalam bentuk kredit investasi maupun kredit modal kerja. Seperti diBank Syariah Indonesia KC Banjarbaru ini, bahwa ada sebuah produk yang dinamakan pembiayaan griya menggunakan akad murabahah, yakni pembiayaan untuk membeli, membangun, dan merenovasi rumah. Akad murabahah dipandang masyarakat sebagai produk pembiayaan yang kurang nyaman, karena sebagian bank lebih memprioritaskan kalangan menengah keatas dari pada orang-orang menengah kebawah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian Bapak Muhammad Yunie selaku Branch Manager dan Bapak Muhammad Affriansyah selaku Fund Transaction Relathionship Manager dan objek penelitian Implementasi Pembiayaan Griya Akad Murabahah diBank Syariah Indonesia KC Banjarbaru dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ialah Bank Syariah Indonesia KC Banjarbaru sudah baik dalam menjalankan proses akad murabahah pembiayaan griya renovasi rumah, mulai dari persyaratan kriteria nasabah, pemberkasan, prosedur pembayaran angsuran sampai dengan pencairan dana. Ada beberapa koreksi yang penulis berikan terutama pada proses pelaksanaan akad tidak ada notaris yang berhadir, sedangkan Al-Qur‟an menjelaskan bahwa dalam bermuamalah yang tidak secara tunai dalam waktu yang tidak ditentukan maka hendaknya ditulis dengan benar. Adapun untuk kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembiayaan Griya ini ialah terkadang terdapat nasabah yang memiliki masalah pembiayaan di Bank lain atau masih memiliki hutang. serta terkadang ada karakter nasabah yang kurang bagus, lebih tepatnya tidak sesuai dengan 5 C yang sudah ditetapkan oleh Bank.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 22 Dec 2021 00:51
Last Modified: 22 Dec 2021 00:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17775

Actions (login required)

View Item View Item