EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

NILAI-NILAI AKHLAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM STUDI KITAB AL-FÎSBÛK ÂDÂBUHU WA AHKÂMÛHU KARYA ALI MUHAMMAD SYAUQI

Luthfi, Muhammad (2021) NILAI-NILAI AKHLAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM STUDI KITAB AL-FÎSBÛK ÂDÂBUHU WA AHKÂMÛHU KARYA ALI MUHAMMAD SYAUQI. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (92kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (321kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (325kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (638kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (120kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (298kB)

ABSTRAK

Kitab Al-Fîsbûk Âdâbuhu wa Ahkâmuhu” merupakan sebuah kitab panduan dalam penggunaan media sosial facebook hasil karya dari Ali Muhammad Syauqi, mengajak kepada setiap muslim untuk menjadi makhluk sosial yang baik secara total, dalam pandangan Allah dan manusia, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Yang menjadi fokus penelitian ini yaitu pada nilai-nilai akhlak apa saja yang terkandung dalam kitab “Al-Fîsbûk Âdâbuhu wa Ahkâmuhu” karya Ali Muhammad Syauqi. Dilatar belakangi dengan merosotnya akhlak dalam bermedia sosial di masyarakat. Berbagai permasalahan yang bersangkutan dengan akhlak mulai mencuat hingga menyebabkan degradasi moral. Karenanya, perlu kajian mengenai nilai-nilai akhlak dalam Islam yang berkaitan dengan penggunaan media sosial facebook yang diharapkan mampu memberikan pencerahan bagi setiap pengguna media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (library research). Penulis berusaha mengkaji nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam kitab “Al-Fîsbûk Âdâbuhu wa Ahkâmuhu” karya Ali Muhammad Syauqi. Teknik pengumpulan data dengan cara menggali bahan-bahan pustaka yang koheren dan relevan dengan pembahasan yang dikaji. Analisis yang digunakan yaitu analisis isi (content analysis) yaitu suatu metode yang menggunakan teknik sistematik untuk menganalisis isi data dan mengkaji data kemudian dengan metode deduksi yaitu menarik kesimpulan dari yang umum kepada yang lebih khusus. Hasil dari penelitian yang dilakukan, membuahkan hasil sebagai berikut: Kitab Al- Fîsbûk Âdâbuhu wa Ahkâmuhu karya Ali Muhammad Syauqi memuat tentang aturan dan akhlak dalam menggunakan media sosial facebook baik yang terhubungan secara vertikal dan yang terhubungan secara horizontal. Nilai-nilai akhlak yang terdapat pada karya Ali Muhammad Syauqi yaitu Al-Fîsbûk Âdâbuhu wa Ahkâmûhu meliputi nilai akhlak kepada Allah berupa ikhlas serta syukur. akhlak kepada diri sendiri berupa bijak dalam menggunakan waktu, jujur, ̒Iffah, rasa malu dan tawaduk. akhlak kepada sesama manusia berupa tolong-menolong, mencari teman yang baik, berkata yang baik, menyeru kepada ma’ruf dan mencegah kemungkaran, jujur, tanggung jawab, kesungguhan dan ketelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 29 Dec 2021 03:31
Last Modified: 29 Dec 2021 03:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17820

Actions (login required)

View Item View Item