EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

BIMBINGAN PERILAKU BERAGAMA SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL ILMI PUTRA BANJARBARU

Imanudin, Mirza (2021) BIMBINGAN PERILAKU BERAGAMA SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL ILMI PUTRA BANJARBARU. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (33kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (898kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pendidikan di Indonesia selama ini lebih mementingkan proses peningkatan akal, jasmani, dan keterampilan, serta kurang memperhatikan proses peningkatan kualitas rohani dan akhlak. Sehingga perilaku yang menyimpang atau kurang baik sering dilakukan oleh anak didik. Bimbingan perilaku beragama perlu pananganan yang serius dalam lembaga pendidikan formal. Adanya pondok pesantren merupakan salah satu upaya yang membina perilaku beragama anak didik sehingga anak didik memiliki perilaku yang baik dalam melaksanakan ajaran agama. Adapun tujuan penelitian ini pertama, mendeskripsikan pelaksanaan proses Bimbingan perilaku beragama di Pondok Pesantren Darul Ilmi Putra Banjarbaru. Kedua, mendeskripsikan perilaku beragama santri Pondok Pesantren Darul Ilmi Putra Banjarbaru, Ketiga, mendeskripsikan kegiatan keagamaan di Pondok Pesantren Darul Ilmi Putra Banjarbaru. Keempat, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam proses Bimbingan perilaku beragama santri Pondok Pesantren Darul Ilmi Putra Banjarbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi, dokumentasi. Data yang sudah dikumpul, kemudian diolah, dan diuraikan dalam bentuk penyajian data bentuk deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menguraikan data dengan kata-kata dan dianalisis sesuai dengan kaidah yang digunakan dalam penelitian ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses Bimbingan perilaku beragama santri di Pondok Pesantren Darul Ilmi Putra Banjarbaru yaitu dilaksanakan dengan pendidikan formal yang terbagi menjadi dua, yakni sekolah Pondokan dan sekolah Negri atau Binaan, kemudian ditambah dengan berbagai pendidikan serta kegiatan yang bersifat nonformal. 2) perilaku beragama santri di Pondok Pesantren Darul Ilmi Putra Banjarbaru cukup baik, para peserta anak didik sudah dapat bertanggung jawab serta disiplin dalam melaksanakan ibadah. Siswa juga dapat bekerja sama dan bersosialisasi dengan baik. 3) kegiatan keagamaan di Pondok Pesantren Darul Ilmi Putra Banjarbaru mencakup dari peserta anak didik bangun tidur shubuh hingga malam menjelang tidur kembali. 4) faktor pendukung dan penghambat dalam proses Bimbingan perilaku meliputi minat santri, sarana dan prasarana, dana serta dukungan pemerintah dan masyrakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 31 Dec 2021 06:50
Last Modified: 31 Dec 2021 06:50
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17837

Actions (login required)

View Item View Item