EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran dan Dampak Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Penanaman Karakter Pada Anak (Studi Kasus di Desa Awang Baru Kabupaten Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan)

Ulfah, Annisa (2022) Peran dan Dampak Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Penanaman Karakter Pada Anak (Studi Kasus di Desa Awang Baru Kabupaten Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (616kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (392kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (492kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Perbedaan karakter anak yang ada di Desa Awang Baru Kabupaten Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan seperti daya tangkap dan perilaku anak yang nampak dipengaruhi oleh tingkat pendidikan orang tua. Selain itu Desa Awang Baru termasuk daerah pedalaman dan mayoritas pekerjaan orang tua adalah petani dan minoritas adalah pegawai negeri. Berdasarkan hal tersebut menjadi daya tarik penelitian mengenai dampak tingkat pendidikan orang tua terhadap penanaman pendidikan karakter pada anak. Penelitian ini memiliki rumusan yakni bagaimana peran orang tua terhadap pendidikan karakter pada anak dan bagaimana dampak tingkat pendidikan orang tua terhadap penanaman karakter pada anak. Adapun tujuan penelitian ialah untuk mengetahui peranan yang dilakukan oleh orang tua terhadap penanaman karakter pada anak dan juga dampak tingkat pendidikan orang tua yang berbeda dalam penanaman karakter pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yaitu dilakukan dengan melakukan penelitian langsung ke lapangan (field research). Penulis mengambil subjek penelitian yakni orang tua yang lahir 1980-2000 rentan usia 21-41 tahun dan memiliki pendidikan akhir dari SD, SMP, SMA sederajat sampai Perguruan Tinggi. Untuk mengumpulkan data Penulis menggunakan teknik snowball, kemudian melakukan dokumentasi, observasi, dan juga wawancara kepada beberapa responden. Setelah data terkumpul, kemudian diolah dengan teknik editing, coding, dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya persamaan dan juga perbedaan terkait peranan orang terhadap pendidikan karakter pada anak. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh tingkat pendidikan orang tua yang dilihat dari aspek religius, kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, cinta lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Adapun dampak tingkat pendidikan orang tua terhadap penanaman karakter pada anak ialah latar belakang pendidikan dan pekerjaan orang tua, pengetahuan dan pemahaman terhadap pendidikan karakter, cara mendapatkan pengetahuan pendidikan karakter, serta metode dan waktu penanaman pendidikan karakter.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2022 01:33
Last Modified: 02 Feb 2022 01:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18213

Actions (login required)

View Item View Item