EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

BUKU ILMIAH POPULER ETNOBOTANI TUMBUHAN OBAT PADA MASYARAKAT DESA PUPUYUAN KECAMATAN LAMPIHONG KABUPATEN BALANGAN

Norjannah, Norjannah (2022) BUKU ILMIAH POPULER ETNOBOTANI TUMBUHAN OBAT PADA MASYARAKAT DESA PUPUYUAN KECAMATAN LAMPIHONG KABUPATEN BALANGAN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (488kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Etnobotani tumbuhan obat merupakan ilmu botani yang mempelajari khusus tentang pemanfaatan tumbuhan yang digunakan sebagai obat oleh manusia untuk mengobati suatu penyakit. Desa Pupuyuan merupakan sebuah desa yang memilik potensi alam yang cukup baik memiliki iklim tropis dan basah, saat ini tumbuhan obat mulai jarang digunakan oleh masyarakt sehingga perlu diadakan penelitian etnobotani tentang tumbuhan obat. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui jenis-jenis tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat di Desa Pupuyuan Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan. (2) Untuk mengetahui bagian organ tumbuhan yang digunakan sebagai pengobatan (3) Untuk mengetahui cara penggunaan tumbuhan obat (4) Untuk mengetahui kevalidan buku ilmiah populer tentang etnobotani tumbuhan obat pada masyarakat Desa Pupuyuan Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and development) dengan model penelitian ADDIE dibatasi hingga tahap pengembangan dilanjutkan dengan evaluasi formatif tessmer. Selanjutnya teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling Hasil penelitian diperoleh 30 Spesies 19 Famili tumbuhan obat yang dimanfaatkan pada masyarakat Desa Pupuyuan Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan. Masyarakat memanfaatkan tumbuhan obat dengan cara diolah dan digunakan berbagai macam yaitu dengan cara direbus, ditumbuk, ditempelkan, diparut, diperas, direndam, diseduh, dipipis, digosok, dan dimakan secara langsung. Bagian organ tumbuhan yang dapat digunakan yaitu akar, batang, daun, bunga, umbi, buah, rimpang, dan tumbuhan yang dapat digunakan secara keseluruhan. Hasil persentase uji validitas buku ilmiah populer oleh ahli bahasa memperoleh 86% dengan kategori sangat valid. Hasil persentasi uji validasi ahli media memperoleh 85% dengan kategori sangat valid adapun hasil rata-rata- uji validitas ahli diperoleh persentase 85,66% dengan kategori sangat valid.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 08 Feb 2022 01:36
Last Modified: 08 Feb 2022 01:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18323

Actions (login required)

View Item View Item