EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

LITERASI PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT MUSLIM KELURAHAN PANGERAN KECAMATAN BANJARMASIN UTARA KOTA BANJARMASIN).

HERLINA, HERLINA (2022) LITERASI PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT MUSLIM KELURAHAN PANGERAN KECAMATAN BANJARMASIN UTARA KOTA BANJARMASIN). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN HERLINA.pdf

Download (49kB)
[img] Text
2. AWAL HERLINA.pdf

Download (447kB)
[img] Text
3. ABSTRAK HERLINA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
4. BAB I HERLINA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
5. BAB II HERLINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
6. BAB III HERLINA.pdf

Download (300kB)
[img] Text
7. BAB IV HERLINA.pdf

Download (239kB)
[img] Text
8. BAB V HERLINA.pdf

Download (86kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA HERLINA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN LAMPIRAN HERLINA.pdf

Download (301kB)

ABSTRAK

Permasalahan yang dihadapi Perbankan Syariah adalah rendahnya pengetahuan masyarakat tentang Perbankan Syariah terutama yang disebabkan dominasi perbankan konvensional sehingga Perbankan Syariah masih dianggap sebelah mata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi masyarakat muslim terhadap perbankan syariah di kelurahan Pangeran Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang dilakukan di Kelurahan Pangeran. Adapun sifat dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari masyarakat sedangkan sumber data sekunder yang peneliti gunakan berupa dokumen Kelurahan Pangeran serta dari berbagai buku-buku. Untuk mendapatkan data yang valid, peneliti menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara. Setelah data-data terkumpul maka peneliti menganalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa literasi dari masyarakat Muslim tentang bank syariah di Kelurahan Pangeran yaitu masyarakat hanya sekedar tahu adanya bank syariah tetapi tidak paham tentang bank syariah secara detail. Hanya sebagian masyarakat yang paham tentang bank syariah bahkan ada yang sama sekali tidak tahu mengenai bank syariah. Sebagian besar masyarakat tidak mengetahui produk dan jasa apa saja yang ada di bank syariah. Kurangnya literasi dari masyarakat dikarenakan minimnya informasi yang diperoleh dari pihak bank syariah maupun media-media seperti televisi, media cetak serta media sosial yang menyebabkan masyarakat tidak mengetahui apa itu bank syariah serta produk apa saja yang ada di bank syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 08 Feb 2022 07:24
Last Modified: 08 Feb 2022 07:24
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18336

Actions (login required)

View Item View Item