EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KELOMPOK STUDI ISLAM DAN PENGAMALAN AJARAN AGAMA (STUDI KASUS SMAN 3, SMAN 5 DAN SMAN 10 BANJARMASIN)

Prasetyo, Denis Ade Priageng (2021) KELOMPOK STUDI ISLAM DAN PENGAMALAN AJARAN AGAMA (STUDI KASUS SMAN 3, SMAN 5 DAN SMAN 10 BANJARMASIN). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
Pernyataan - Denis Ade Priageng Prasetyo.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Awal - Denis Ade Priageng Prasetyo.pdf

Download (482kB)
[img] Text
Abstrak - Denis Ade Priageng Prasetyo.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB 1 Tesis Denis Ade Priageng Prasetyo NIM 1402521351 (PAI).pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB 2 Tesis Denis Ade Priageng Prasetyo NIM 1402521351 (PAI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
BAB 3 Tesis Denis Ade Priageng Prasetyo NIM 1402521351 (PAI).pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB 4 Tesis Denis Ade Priageng Prasetyo NIM 1402521351 (PAI).pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB 5 Tesis Denis Ade Priageng Prasetyo NIM 1402521351 (PAI).pdf

Download (96kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Denis Ade Priageng Prasetyo.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Lampiran - Denis Ade Priageng Prasetyo.pdf

Download (989kB)

ABSTRAK

Di era modern ini, pendidikan seyogyanya merupakan wadah pembelajaran bagi siswa yang diadakan agar mampu menjawab tantangan perubahan zaman. Di samping itu, pendidikan juga berfungsi sebagai sarana untuk membentuk karakter siswa dengan bekal nilai-nilai agama yang kuat. Akan tetapi, kurikulum pendidikan nasional, khususnya pendidikan agama Islam, belum sepenuhnya berhasil dalam melaksanakan pembelajaran sehingga penyakit masyarakat masih sering terjadi. Oleh karena itu, di sinilah pentingnya peran pendidikan agama Islam bagi remaja untuk memberi filter terhadap perilaku negatif yang bisa merusak karakter mereka. Penyelenggaraan pendidikan agama Islam (PAI) ditempuh melalui berbagai jenis kegiatan, yaitu intrakurikuler, kokurikuler dan ektrakurikuler. Pada kegiatan ekstrakurikuler, salah satu bentuknya adalah Kelompok Studi Islam (KSI), di mana peran utamanya adalah untuk menghadirkan nuansa islami di sekolah, mendidik siswa agar berperilaku baik, dan menjadi wadah pengembangan diri. Dengan adanya kegiatan KSI ini diharapkan bisa menjadi wadah pembentukan akhlak siswa, mengingat tujuan akhir dari KSI adalah terwujudnya akhlak mulia. Berdasarkan pada latar belakang di atas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian berjudul “Kelompok Studi Islam dan Pengamalan Ajaran Agama (Studi Kasus di SMAN 3, SMAN 5 dan SMAN 10 Banjarmasin)”. Dari judul tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kegiatan Kelompok Studi Islam (KSI), mendeskripsikan bentuk pengamalan ajaran agama siswa, dan mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat kegiatan Kelompok Studi Islam (KSI) di SMAN 3, SMAN 5 dan SMAN 10 Banjarmasin. Dengan menggunakan penelitian studi kasus dan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan pengurus KSI, pembina KSI, dan para anggota KSI yang aktif di SMAN 3, SMAN 5 dan SMAN 10 Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dari beberapa sekolah ini menyimpulkan hal-hal berikut: (1) Bentuk kegiatan KSI sangat beragam, di antaranya adalah latihan habsy, sholat wajib berjamaah, jumat taqwa, lomba adzan, dan lain-lain. (2) Bentuk pengamalan ajaran agama Islam oleh siswa juga berbeda, di antaranya seperti mengerjakan sholat sunnah dan wajib, menjadi muadzin, menjadi imam sholat berjamaah, berkelakuan baik, dan lain sebagainya. (3) Faktor Pendukung Kegiatan Kelompok Studi Islam (KSI) di setiap sekolah juga beragam, seperti ketersediaan fasilitas dan dukungan orang tua. Adapun faktor penghambatnya adalah keterbatasan dana kegiatan, kurangnya minat siswa untuk terlibat dalam kegiatan, pelatih yang tidak disiplin, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 14 Feb 2022 00:13
Last Modified: 14 Feb 2022 00:13
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18400

Actions (login required)

View Item View Item