EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI UPACARA RITUAL DAUR HIDUP PADA PERNIKAHAN ADAT BANJAR (Studi Kasus Upacara Pernikahan Di Desa Hilir Banua Kecamatan Pandawan Kabupaten HST)

Muslimah, Muslimah (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI UPACARA RITUAL DAUR HIDUP PADA PERNIKAHAN ADAT BANJAR (Studi Kasus Upacara Pernikahan Di Desa Hilir Banua Kecamatan Pandawan Kabupaten HST). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (254kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (489kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dari sebuah pelaksanaan upacara ritual salah satu dari fase daur hidup manusia yang memiliki makna sakral dalam kehidupan sosial masyarakat Banjar, yaitu tradisi upacara pernikahan yang ada di Desa Hilir Banua Kecamatan Pandawan Kabupaten HST. Tradisi upacara ini dilakukan untuk menandai tahap peralihan fase dimana seseorang akan memasuki tahap pernikahan, dalam tradisi upacara pernikahan yang dilakukan masyarakat Banjar sarat akan nilai-nilai adat dan budaya, namun demikian tradisi upacara tersebut juga tidak terlepas dari nilai-nilai agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah pelaksanaan, tahapan-tahapan, tujuan pelaksanaan dan nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terkandung dalam tradisi upacara ritual daur hidup pada pernikahan adat Banjar di Desa Hilir Banua Kecamatan Pandawan Kabupaten HST. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tokoh agama setempat, tetuha/sesepuh desa, dan masyarakat Desa Hilir Banua Kecamatan Pandawan Kabupaten HST. Sedangkan objek dalam penelitian ini ialah nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi upacara ritual daur hidup pada pernikahan adat Banjar di Desa Hilir Banua Kecamatan Pandawan Kabupaten HST. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik pengolahan data yang digunakan adalah koleksi data, reduksi data, editing, display data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Sejarah pelaksanaan tradisi upacara ritual daur hidup pada pernikahan adat Banjar di Desa Hilir Banua Kecamatan Pandawan Kabupaten HST telah berlangsung sejak dulu dan diwariskan secara turun-temurun sehingga menjadi adat istiadat dan budaya masyarakat. Budaya tersebut masih kental dengan tradisi leluhur yang sarat akan nilai-nilai adat dan tidak terlepas dari pengaruh kepercayaan nenek moyang terdahulu, namun setelah Islam datang ke tanah Banjar budaya tersebut diakulturasikan dengan nilai-nilai keislaman. (2) Tahapan-tahapan tradisi upacara pernikahan tersebut dimulai dari proses basusuluh dan batatakunan, badatang/bapara dan bapapayuan/bapatut jujuran, maantar jujuran dan hahadap, akad nikah, bagusuk dan batimung, bamandi-mandi pangantin/bapapai, hari bapangantinan/pangantin batatai/resepsi, balamburan, bailangan dan manyalamat kalambu. (3) Tujuan dari tradisi upacara pernikahan ini ialah sebagai bentuk ibadah kepada Allah, ungkapan rasa syukur dan permohonan keselamatan, serta melestarikan adat budaya, mengeratkan rasa persatuan dan kesatuan serta solidaritas anggota keluarga dan masyarakat (4) Nilai-Nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam tradisi upacara ritual daur hidup pada pernikahan adat Banjar di Desa Hilir Banua Kecamatan Pandawan Kabupaten HST ialah: Akidah, ibadah, akhlak dan muamalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2022 10:21
Last Modified: 20 Feb 2022 10:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18513

Actions (login required)

View Item View Item