EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Khatm Al-Qur’an Bi Al-Ghaib di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Ihsan Banjarmasin (Sebuah Kajian dengan Pendekatan Living Qur’an)

Shafiyah, Shafiyah (2022) Khatm Al-Qur’an Bi Al-Ghaib di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Ihsan Banjarmasin (Sebuah Kajian dengan Pendekatan Living Qur’an). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (935kB)

ABSTRAK

Khataman yang berarti tamat atau aktivitas yang telah selesai. Dalam tulisan ini pemaknaan tersebut lebih tepat digunakan. Aktivitas ini lebih dikenal di Indonesia untuk menamatkan Al-Qur’an, khususnya pada komunitas muslim dan pondok pesantren dengan istilah khataman Al-Qur’an. Khataman Al-Qur’an adalah istilah yang lazim dipakai selain itu khataman Al-Qur’an juga memiliki berbagai jenis sebutan salah satunya yaitu “betamat”. Khataman Al-Qur’an ini pelaksanaannya beragam sesuai dengan kebutuhan dan tujuan masing-masing. Dalam tulisan ini peneliti membicarakan salah satu fenomena Living Quran yaitu kegiatan Khatm Al-Qur’an Bi al-Ghaib yang diadakan oleh Pondok Pesantren Al-Ihsan Banjarmasin. Penelitian ini berfokus pada bagaimana para santri dalam proses mereka mengkhatamkan Al-Qur’an pada program Khatm AlQur’an Bi al-Ghaib. Bagaimana teknis penyelenggaraannya, tujuan dan manfaat dari diadakannya Khatm Al-Qur’an Bi al-Ghaib di Pondok Pesantren Al-Ihsan tersebut. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian field research dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Tekhnik pengumpulan data diperoleh dengan wawancara secara langsung dengan pihak terkait guna mendapatkan hasil yang diinginkan. Ditambah dengan menelaah literatur yang terkait dengan bahasan dalam penelitian. Adapun hasil dari penelitian tersebut adalah gambaran bagaimana Khatm Al-Qur’an Bi al-Ghaib tersebut dilaksanakan setiap tahunnya sebagai syarat kelulusan dengan berbagai macam persiapan dan ujian yang harus dilalui agar santri yang mengikuti Khatm Al-Qur’an bi Al-Ghaib adalah santri yang benarbenar hafal. Pemaknaan mengikuti Khatm Al-Qur’an bi Al-Ghaib bukan hanya sekedar kewajiban santri yang diharuskan hafal 30 juz sebagai syarat kelulusan tetapi Pondok Pesantren Tahfidz Al-Ihsan ingin para santri selalu menanamkan bahwa menghafal Al-Qur’an itu untuk di dunia sampai di akhirat karena dengan demikian hidup akan lurus dan benar. Berpegang teguh dengan Al-Qur’an agar sesuai dengan akhlaknya Nabi SAW yaitu akhlak Al-Qur’an, menjadikan diri lebih bertanggung jawab untuk menjadi contoh yang baik karena diberi karunia oleh Allah SWT dapat menyelesaikan hafal 30 juz Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nur Ridha Lukmana
Date Deposited: 21 Feb 2022 00:06
Last Modified: 21 Feb 2022 00:06
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18522

Actions (login required)

View Item View Item