EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

JENIS INSEKTA DIURNAL DI KAWASAN FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ANTASARI BANJARMASIN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

Norwidyawati, Norwidyawati (2022) JENIS INSEKTA DIURNAL DI KAWASAN FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ANTASARI BANJARMASIN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (319kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (878kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Insekta merupakan salah satu kelas dari phylum arthopoda selain chilopoda, crustacea, diplopoda, dan arachnida. Insekta merupakan satu-satunya binatang invertebrata yang mempunyai sayap. Dengan sayapnya ini, mereka dapat berpindah tempat untuk mendapatkan makanan dan kondisi lingkungan yang lebih baik lagi. Kawasan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin, sangat baik dimanfaatkan untuk melakukan praktikum, khususnya tentang insekta diurnal dan mendukung sebagai sumber belajar. Hal inilah yang membuat peneliti ingin mengetahui jenis insekta apa saja yang terdapat di kawasan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin. Hasil penelitian dimuat ke dalam buku saku. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui jenis-jenis insekta diurnal yang terdapat pada kawasan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin, (2) untuk mengetahui validitas buku saku jenis insekta diurnal yang terdapat di kawasan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang dibatasi hingga tahap pengembangan. Uji evaluasi formatif Tessmer digunakan tahap pengembangannya yakni uji pakar untuk menguji kevalidan produk. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode jelajah yaitu terjun langsung ke lapangan. Pengambilan sampel dilakukan dengan waktu penangkapan dari jam 07.00-18.00 wita. Analisis data dengan menggunakan buku acuan Borror, dkk (1992), Jasin (1994) dan Lilies (1994). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa jenis insekta diurnal yang didapatkan di Kawasan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari berjumlah 15 jenis yaitu: Pelopidas agna, Euploea mulciber, Acrarea terpiscore, Euthalia aconthea, Chortippus aquaticum, Chrysops relictus, Neomyia cornicina, Epilachna vigintiopunctata, Acisoma panorpoides, Diplazon laetatorius, Vespa tropica, Schistocerca nitens, Stagmomantis limbata, Tenebrio molitor, Xylocopa californica. Hasil akhir presentase uji validitas buku saku yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media didapatkan rata-rata sebesar 80,935% dengan kategori valid dan dapat digunakan, namun perlu revisi kecil.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:03
Last Modified: 24 Feb 2022 03:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18586

Actions (login required)

View Item View Item