EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

المجاز الدرسل في سورة البقرة وسورة الأعراف (دراسة تحليلية بلاغية)

Dewi, Ratna Nurrahma (2022) المجاز الدرسل في سورة البقرة وسورة الأعراف (دراسة تحليلية بلاغية). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (952kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (785kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (437kB)

ABSTRAK

Peneliti menemukan masalah di dalam Surah Al-Baqarah dan Surah AlA‟raf tentang majas mursal dan „alaqahnya seperti sababiyyah, musababiyyah, juz‟iyyah, kulliyah, i‟tibar ma kaana, i‟tibar ma yakuunu, haliyyah dan mahaliyyah. Oleh karena itu, untuk memahami majas mursal serta „alaqah yang terkandung dalam surah Al-Baqarah dan surah Al-A‟raf, kita harus mempelajari tentang ilmu bayan yang merupakan salah satu bagian kajian dari ilmu Balaghah. Peneliti menyajikan dalam penelitian ini mengenai majas mursal dalam Surah Al-Baqarah dan Surah Al-A‟raf. Hal ini jelas bahwasanya bahasa AlQur‟an itu sangat indah serta menggunakan gaya bahasa yang sangat elok dan bermacam-macam sehingga menunjukkan bahwasanya Al-Qur‟an suatu mukjizat yang sangat agung yang tidak mungkin bisa dibuat oleh manusia biasa. Dari pandangan inilah peneliti ingin mengkaji tentang Majas Mursal Dalam Surah AlBaqarah dan Surah Al-A‟raf dalam analisis ilmu Balaghah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : ayat-ayat apa saja yang didalamnya terdapat alaqah-alaqah majas mursal dalam surah-Al-Baqarah dan Surah Al-A‟raf seperti contoh ilmu balaghah ?. dan dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ayat-ayat apa saja yang didalamnya terdapat alaqahalaqah majas mursal dalam surah-Al-Baqarah dan Surah Al-A‟raf seperti contoh ilmu balaghah. Jenis penelitian ini berupa kajian pustaka dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan penelitian ini menganalisis ilmu balaghah tentang majas mursal dalam Surah Al-Baqarah dan Surah Al-A‟raf. Analisis penelitian ini adalah tentang „alaqah-„alaqah majas mursal yang terdapat dalam Surah AlBaqarah dan Surah Al-A‟raf. Dalam penelitian ini menggunakan jenis metode literatur dengan pendekatan kualitatif, sedangkan data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dari ayat-ayat yang mengandung alaqah majas mursal dalam Surah Al-Baqarah dan Surah Al-A‟raf. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan cara mengumpulkan, membagi, dan menafsirkan, sedangkan untuk analisis data yaitu dengan analisis lughawi dan analisis tafsiri. Hasil dari penelitian, yaitu ayat yang mengandung alaqah-alaqah majas mursal dalam surah Al-Baqarah terdapat 34 ayat, terdiri dari alaqah sababiyyah, musababiyah, kulliyah, juz‟iyyah, i‟tibar ma kaana, i‟tibar ma yakuunu, dan terakhir yaitu mahalliyah. Dan sedangkan dalam surah Al-A‟raf terdapat 31 ayat, terdiri dari alaqah musababiyyah, kulliyah, juz‟iyyah, mahalliyah dan terakhir yaitu haliyyah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 10 Mar 2022 01:25
Last Modified: 10 Mar 2022 01:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18721

Actions (login required)

View Item View Item