EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PROBLEMATIKA PERNIKAHAN DINI DI DESA GUDANG TENGAH KECAMATAN SUNGAI TABUK

Nada, Khairun (2022) PROBLEMATIKA PERNIKAHAN DINI DI DESA GUDANG TENGAH KECAMATAN SUNGAI TABUK. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (92kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (483kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (6kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (812kB)

ABSTRAK

Era globalisasi merupakan satu masa yang mampu menimbulkan dampak negatif terhadap pergaulan anak muda sekarang. Banyaknya budaya luar yang masuk menjadi jalan untuk menuju faham kebebasan yang melahirkan tindakan dan perilaku yang menyimpang. Tidak sedikit dari sebagian orang tua mengambil jalan pintas dalam menyikapi maraknya pergaulan bebas anak muda sekarang yaitu dengan segera menikahkan anak puterinya tanpa memikirkan jauh kedepan permasalahan yang kemungkinan terjadi nantinya. Fokus penelitian dalam tulisan ini adalah mengenai problematika, faktor penyebab dan solusi pencegahan terjadinya pernikahan dini. Sedangkan tujuan dari dilakukannya penelitian adalah mengetahui problematika, faktor penyebab dan solusi terjadinya pernikahan dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Konsep dalam kajian adalah studi kasus terhadap beberapa masyarakat pelaku nikah dini, karena itulah substansi penelitiannya terkait Problematika Pernikahan Dini di Desa Gudang Tengah Kecamatan Sungai Tabuk. Informan utama dalam penelitian ini adalah pelaku nikah dini itu sendiri, sedangkan yang menjadi informan tambahan adalah orang tua dan anggota masyarakat setempat. Kemudian dalam penggalian data peneliti menggunakan beberapa metode, seperti: observasi, wawancara, dan dokumentasi yang pada akhirnya dilakukan analisa secara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan data bahwa Problematika Pernikahan Dini di Desa Gudang Tengah Kecamatan Sungai Tabuk tentunya didasari oleh rendahnya pemahaman masyarakat perihal dampak yang akan terjadi akibat pernikahan dini, seperti halnya: sering terjadi pertengkaran, kebutuhan hidup yang kadang sulit untuk terpenuhi dan bahkan tanggung jawab yang sering terabaikan. Sedangkan beberapa faktor yang melatarbelakangi terjadinya pernikahan dini di Desa Gudang Tengah Kecamatan Sungai Tabuk, meliputi: maraknya pergaulan bebas, faktor ekonomi, sulitnya mencari lapangan pekerjaan, kurangnya kesadaran terhadap pendidikan, dorongan orang tua, kehendak sendiri dan perjodohan. adapun masalah yang timbul dalam rumah tangga bagi pasangan. Kemudian solusi yang dapat dilakukan bersama-sama guna mencegah berkembangbiaknya pernikahan dini tersebut adalah memberikan pengawasan secara intensif, membimbing dan mengarahkan kekosongan dengan hal yang positif, membatasi pergaulan, dan memberikan edukasi (mudharat dari pergaulan bebas).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 29 Mar 2022 01:10
Last Modified: 29 Mar 2022 01:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18915

Actions (login required)

View Item View Item