EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN MANASIK HAJI DAN UMRAH UST H. HAMDANI HUSEIN S.Ag M.Ag

Al Banjari, M. Dhihyah Qalbi (2022) MANAJEMEN MANASIK HAJI DAN UMRAH UST H. HAMDANI HUSEIN S.Ag M.Ag. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Awal Qolby.pdf

Download (479kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I QOLBY.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II Qolby.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB III Qolby.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB IV Qolby.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB V Qolby.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Haji dan umrah merupakan kewajiban bagi seorang muslim maka dalam mencapai haji dan umrah yang mabrur seorang muslim perlu memiliki pengetahuan tata cara pelaksanaan haji dan umrah salah satunya dengan mengikuti bimbingan pembelajaran manasik yang dimana memerlukan manajemen yang mengatur agar kegiatan pembelajaran manasik berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, maka dari hal ini penulis tertarik melakukan penelitian manajemen manasik haji dan umrah Ust H. Hamdani Husein S.Ag M.Ag yang telah memiliki ilmu yang dalam bidang haji dan umrah, keberakatan berkali-kali dan pengalaman bertahun- tahun dalam membimbing jamaah. Dengan fokus masalah bagaimana manajemen manasik Haji dan Umrah Ust H. Hamdani Husein S.Ag M.Ag serta apa saja faktor pendukung dan penghambat pada saat pelaksanaan manasik Haji dan Umrah. Subjek dalam penelitian ini adalah Ust H. Hamdani Husein S.Ag M.Ag sedangkan objek dalam penelitian ini adalah cara manajemen manasik Haji dan Umrah Ust H. Hamdani Husein S.Ag M.Ag dalam membimbing jamaah. Dalam penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif adapun dalam penggalian data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik pengelohan data dilakukan dengan klafikasi data, editing, dan interpetasi data. Selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan ditarik simpulan dengan induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Manasik Haji dan Umrah Ust H. Hamdani Husein S.Ag M.Ag dalam pelaksanaanya sudah terbilang baik, memiliki fungsi-fungsi manajemen seperti: 1. Perencanaan 2. Perorganisasian 3. Pergerakan 4. Pengawasan. Dalam pembelajaran manasik memiliki beberapa kompenen pembelajaran seperti: 1. Tujuan 2. Materi 3. Metode 4. Media 5. Evaluasi. Adapun Faktor penghambatnya 1. Pihak travel dan Ust Hamdani Husein S.Ag M.Ag yang sangat mengoptimalkan pelaksanaan manasik haji dan umrah. 2. Staf yang terorganisasi dengan memlakukan tugasnya dengan maksimal saat sebelum, sedang dan setelah pembelajaran manasik. 3. Guru pembimbing manasik yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang memumpuni. 4. Lingkungan tempat pelaksanaan manasik yang nyaman dan strategis. 5. Guru dan sesama jamaah yang saling memotivasi. Faktor Penghambat: 1. Beberapa jamaah yang terlambat memahami pembelajaran manasik dikarenakan faktor usia.. 2. Beberapa jamaah tidak bisa mengikuti pembelajaran dikarenakan sakit.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 15 Jun 2022 05:07
Last Modified: 15 Jun 2022 05:07
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19336

Actions (login required)

View Item View Item