EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Ibadah Jum’at Dzikir Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Hulu Sungai Tengah

Asyari, Muhammad (2022) Pelaksanaan Ibadah Jum’at Dzikir Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruaan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (784kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (705kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (868kB)

ABSTRAK

kegiatan non reguler yaitu kegiatan Jum’at Dzikir. Kegiatan ini dilangsungkan setiap hari Jum’at, pada pukul 06.30 WITA sampai dengan 08.00 Wita, setiap elemen yang berada di wilayah sekolah wajib mengikuti kegiatan tersebut tanpa terkecuali. Kegiatan Jum’at dzikir ini pun terkenal ke beberapa sekolah di Hulu Sungai Tengah, bahkan ada beberapa sekolah yang juga terdorong untuk melaksakan kegiatan tersebut. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian skripsi yang berjudul “Pelaksanaan ibadah jum’at dzikir di Madrasah Aliyah Negeri 1 Hulu Sungai Tengah”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan ibadah jum’at dzikir, dan juga faktor-faktor pendukung maupun penghambat dalam pelaksanaan ibadah jum’at dzikir di Madrasah Aliyah Negeri 1 Hulu Sungai Tengah. Jenis penelitian ini adalah field research dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data adalah 3 orang Guru Mata Pelajaran Qur’an Hadist dan juga termasuk disana Kepala pengelola Ibadah dzikir. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data menggunakan observasi, teknik analisis data dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pelaksanaan ibadah jum’at dzikir dibagi menjadi 3 tahapan yaitu; tahapan awal adalah tahapan dimana perencanaan dan persiapan sebelum dilaksnakannya pelaksanaan ibadah jum’at dzikir , tahapan inti adalah tahapan dimana semua perencanaan yang telah disusun dilaksanakan dengan semaksimal mungkin untuk tercapainya tujuan yang telah diterapkan, dan juga penutup adalah setelah kegiatan inti dilaksanakan atau setelah pembacaan dzikir akan diadakan ceramah yang dibawakan oelh guru yang telah diberi amanah, dan juga sekaligus menutup acara dengan berdo’a. Faktorfaktor pendukung dan penghambat pelaksanaan ibadah jum’at dzikir, faktor-faktor pendukung dalam pelaksanaan ibadah ini personal siswa itu sendiri, siswa yang sudah mempunyai keimanan yang kuat dan lebih dekat dengan kegiatan relegius akan menjadi faktor pendukung dalam kegiatan pelaksaan ibadah dzikir. Sedangkan faktor-faktor penghambatnya ada faktor internal dan juga faktor eksternal, faktor internal berupa rasa malas ataupun merasa terpaksa dalam melaksanakan kegiatan ibadah dzikir, faktor ekternal berupa pengaruh sikap siswa yang berada disiswa yang lainya yang seringkali mengakibatkan suasana ricuh dan bercandanya sesama siswa, selain itu juga fasilitas yang kurang bagus akan mengakibatkan gangguan dalam kelancaran kegiatan ibadah dzikir.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Muhammad Asyari
Date Deposited: 08 Jul 2022 01:39
Last Modified: 08 Jul 2022 01:39
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19556

Actions (login required)

View Item View Item