EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KEMATANGAN BERAGAMA MAHASISWA PROGRAM KHUSUS ULAMA ASAL PALEMBANG DI UIN ANTASARI BANJARMASIN

PITRIA, PITRIA (2022) KEMATANGAN BERAGAMA MAHASISWA PROGRAM KHUSUS ULAMA ASAL PALEMBANG DI UIN ANTASARI BANJARMASIN. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
pernyataan Keaslian Penulisan - PITRIA.pdf

Download (371kB)
[img] Text
Awal - PITRIA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak - PITRIA.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Bab I - PITRIA.pdf

Download (267kB)
[img] Text
Bab II - PITRIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
Bab III - PITRIA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
Bab IV - PITRIA.pdf

Download (790kB)
[img] Text
Bab V - PITRIA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - PITRIA.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Lampiran - PITRIA.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Setiap orang pasti merasakan kesedihan dan kebahagiaan dalam kehidupan karena itulah yang akan membuat hidup menjadi lebih berwarna. Kesedihan yang dialami bisa berupa ujian maupun musibah namun hal itu pasti akan berlalu jika dijalani dan bukan lari dari kenyataan. Untuk melewati ujian atau musibah itu diperlukan kemampuan resiliensi sehingga bisa mengatasi ujian yang ada. Resiliensi merupakan kemampuan untuk mengatasi kesulitan atau tantangan yang terjadi dalam kehidupan dan bukan lari dari kesulitan dan tantangan tersebut. Selain kemampuan resiliensi seseorang juga patut meminta pertolongan kepada Tuhan menurut agama yang dianutnya karena Dia lah yang mengendalikan seluruh alam semesta beserta isinya. Dalam penelitian Psikologi kematangan beragama biasa banyak dimiliki oleh orang dewasa atau orang yang telah matang umurnya (22/25-65 tahun). Namun tidak menutup kemungkinan kematangan beragama juga dimiliki oleh orang yang sedang berada pada fase dewasa awal (22-25 tahun). Tujuan dari penelitian skripsi ini ialah untuk mengetahui bentuk kematangan beragama mahasiswa program khusus ulama asal Palembang dan mendeskripsikan apa faktor pendukung dan faktor penghambat kematangan beragama mahasiswa program khusus ulama asal Palembang di UIN Antasari Banjarmasin. Penelitian skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan psikologi agama. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program khusus ulama asal Palembang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model interaktif. Sedangkan teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil temuan yang dilakukan penulis dalam penelitian ini, maka kematangan beragama mahasiswa program khusus ulama asal Palembang jika dilihat dari aspek rasa beragama dan ciri-ciri kematangan beragama. Maka dapat dikatakan bahwa mahasiswa program khusus ulama telah cukup matang dalam beragama dan telah mampu menerima, memahami serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kematangan beragama mahasiswa program khusus ulama ini juga dipengaruhi oleh faktor pendukung dan faktor penghambat sehingga menambah kematangan beragama mereka. Faktor-faktor yang dimaksudkan ialah faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:11
Last Modified: 15 Jul 2022 07:11
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19611

Actions (login required)

View Item View Item