EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PRAKTIK TOLERANSI DALAM KELUARGA (STUDI KASUS KELUARGA YANG MENGANUT MULTI AGAMA DI DESA MAKARTI JAYA SUMATERA SELATAN)

Sari, Novita (2022) PRAKTIK TOLERANSI DALAM KELUARGA (STUDI KASUS KELUARGA YANG MENGANUT MULTI AGAMA DI DESA MAKARTI JAYA SUMATERA SELATAN). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Toleransi menjadi tali pengikat persatuan kehidupan sosial di dalam masyarakat yang beragam agama, khususnya di dalam keluarga yang menganut multi agama. Toleransi mampu menengahi di semua bidang kehidupan, karena perannya yang penting untuk membangun perdamaian dan cinta dalam berbagai keragaman agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik toleransi keluarga Bapak Thomas Budianto, dan mengamati apa latar belakang keluarga Bapak Thomas Budianto sehingga menjadi keluarga yang mempunyai sikap toleransi yang tinggi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan fokus kajian lapangan (field research) menggunakan pendekatan psikologi. Data primer dalam penelitian ini didapat berdasarkan hasil wawancara dan observasi langsung ke kediaman Keluarga Bapak Thomas Budianto di Desa Makarti Jaya. Sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai tulisan dan dokumen yang terkait dengan pembahasan skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya, terdapat sikap dan praktik toleransi pada keluarga Bapak Thomas Budianto yang dapat diwujudkan dalam hal saling mendukung antara satu dengan yang lain dalam menjalankan agama masing-masing. Dalam hal anak yang akan memilih agama yang dianutnya, tidak ada sedikit pun paksaan dari kedua orang tua, anak akan dibebaskan untuk memilih apa yang terbaik buat dirinya dan ia yakini. Maka, dapat disimpulkan bahwa dalam hal mewujudkan toleransi antar umat beragama tidak harus dalam lingkungan yang luas dulu, kita bisa mewujudkanya dari lingkungan yang paling kecil yaitu keluarga. Dari lingkungan yang paling kecil inilah kita bisa belajar untuk mewujudkan sikap toleransi antar umat beragama dalam cangkupan yang lebih luas. Hal ini diwujudkan daalam keluarga Bapak Thomas Budianto dengan memberikan rasa toleransi antara anggota keluarga sehingga keluarga tersebut tetap harmonis.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Jul 2022 06:46
Last Modified: 18 Jul 2022 06:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19626

Actions (login required)

View Item View Item