EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

BIMBINGAN KEAGAMAAN BERBASIS MAJELIS TAKLIM AR-RAUDAH DI DESA KUIN BESAR KECAMATAN ALUH-ALUH KABUPATEN BANJAR

ANSHARI, MUHAMMAD HAFIDZ (2022) BIMBINGAN KEAGAMAAN BERBASIS MAJELIS TAKLIM AR-RAUDAH DI DESA KUIN BESAR KECAMATAN ALUH-ALUH KABUPATEN BANJAR. Skripsi, Fakultas Dakwan dan Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (74kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (890kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Muhammad Hafidz Anshari, 2022. Bimbingan Keagamaan Berbasis Majelis Taklim Ar-Raudah di Desa Kuin Besar Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar Skripsi Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Pembimbing : (I) Dr. Hj. Nuril Huda, M.Pd. dan (II) Muhammad Rif’at, M.Ag Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa manusia dilahirkan dalam keadaanfitrah dan suci. Bagaimanapun manusia tidak dapat luput dari kesalahan dan masalah.Oleh karena itu, manusia memerlukan bimbingan untuk menuju kehidupan yang baik dan mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat yaitu bimbingan keagamaan. Bentuk bimbingan keagamaan bermacam-macam salah satunya bimbingan keagamaan melalui majelis taklim. Salah satu bimbingan keagamaan melalui majelis taklim yaituada di majelis taklim Ar-Raudah yang bertempat di Desa Kuin Besar Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), penulis melakukan observasi untuk menggali data yang terkait dengan pelaksanaan dan faktor pendukung sekaligus penghambat yang ada pada bimbingan keagamaan di majelis tersebut. Penulis juga melakukan wawancara dengan pimpinan majelis tersebut, pengurus dan sebagian jamaah yang mengikuti majelis taklim Ar-raudah di Desa Kuin Besar Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisi deskriptif kualitatif dan menggunakan pengecekan keabsahan data yaitu teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah Pelaksanaan bimbingan keagamaan yang ada di majelis taklim Ar-Raudah Desa Kuin Besar Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar ada dua bentuk yaitu Bimbingan Kelompok dan Bimbingan Individual. Bimbingan Kelompok yaitu berupa ceramah agama atau pengajian kitab kuning. Selain berupa ceramah, ada juga berupa peringatan hari-hari besar Islam. Adapun bimbingan individual yang ada di Majelis Taklim Ar-Raudah yaitu konseling secara langsung antara jamaah dengan Ustadz Yuliansyah. Faktor pendukung bimbingan keagamaan berbasis majelis taklim Ar-Raudah yaitu kemampuan dai dalam menyampaikan materi dan materi yang disampaikan sesuai dengan materi yang dibutuhkan jamaah. Faktor penghambat dalam pelaksanaan bimbingan keagamaan berbasis majelis taklim ArRaudah Desa Kuin Besar Kecamatan Aluh-Aluh yaitu tidak ada pengganti dai di majelis tersebut ketika dai yang bersangkutan sakit atau kelelahan, jamaah yang sibuk bekerja, mati lampu, hujan dan badai. Solusi terhadap penghambat bimbingan keagamaan berbasis majelis taklim Ar-Raudah yaitu beliau berharap menantu beliau bisa menggantikan yaitu Ustadz Rapi’i Hamdi. Namun ada beberapa saran dari jamaah untuk mengatasi gangguan-gangguan dari luar jamaah menyarankan untuk membuat channel youtube atau melakukan siaran langsung melalui instagram dan youtube.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 28 Jul 2022 06:26
Last Modified: 28 Jul 2022 06:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19818

Actions (login required)

View Item View Item