EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII MTSN 3 BARITO KUALA DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN

Tamimah, Hafizah (2022) KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII MTSN 3 BARITO KUALA DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (889kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (386kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah mengenai kemampuan membaca Alquran siswa ditinjau dari latar belakang pendidikan. Menurut asumsi penulis, siswa berlatar belakang pendidikan MI memiliki kemampuan membaca Alquran lebih baik dibandingkan siswa berlatar belakang pendidikan SD. Hal ini dikarenakan MI memiliki alokasi waktu pendidikan agama lebih banyak dari pada SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara latar latar belakang pendidikan siswa kelas VII MTsN 3 Barito Kuala terhadap kemampuan membaca Alquran. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Penulis menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTsN 3 Barito Kuala yang berjumlah 106 orang. Sedangkan sampel yang digunakan 20% dari setiap latar belakang pendidikan siswa, yaitu 11 orang dari siswa berlatar belakang MI dan 11 orang siswa berlatar belakang SD. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis komparasi dengan menggunakan rumus t-test. Pada peneltian ini, penulisan X1 digunakan untuk siswa belatar belakang pendidikan MI, dan X2 untuk siswa berlatar belakang pendidikan SD. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh latar belakang pendidikan siswa kelas VII MTsN 3 Barito Kuala terhadap kemampuan membaca Alquran. Perolehan nilai rata-rata X1 = 60.45 sedangkan rata-rata X2 = 52.72. Berdasarkan dari hasil rata-rata antara X1 dan X2 dapat dilihat bahwa nilai X1 lebih tinggi dibandingan dengan nilai X2. Standar deviasi yang diperoleh X1 42.94 dan X2 22.65. Standar eror SEMx1 13.58 dan SEMX2 7.16. Perhitungan hasil standar eror perbedaan M1 dan M2 = 15.35 dan t0 yang dihasilkan sebesar 0.515. Hasil t0 setelah dikonsultasikan dengan t-tabel 5% = 0.0257 dan 1% = 0.00515, menunjukkan bahwa t0 lebih besar dari t-tabel. Berdasarkan hipotesis yang diajukan terdapat pengaruh latar belakang pendidikan siswa kelas VII MTsN 3 Barito Kuala terhadap kemampuan membaca Alquran dapat diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:35
Last Modified: 29 Jul 2022 03:35
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19940

Actions (login required)

View Item View Item