EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MAKNA HARMONIS DALAM BERKELUARGA MENURUT KEPALA KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN CANDI LARAS SELATAN KABUPATEN TAPIN

Jaidi, Muhammad (2022) MAKNA HARMONIS DALAM BERKELUARGA MENURUT KEPALA KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN CANDI LARAS SELATAN KABUPATEN TAPIN. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
01. PERNYATAAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
02. AWAL.pdf

Download (773kB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (93kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (779kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (315kB)

ABSTRAK

Harmonis dalam berkeluarga adalah keinginan bahkan impian bagi setiap pasangan suami istri, namun dalam menjalani hubungan berkeluarga dipenuhi dengan berbagai macam problematika, yang kemudian akan berhadapan dengan seorang Kepala Kantor Urusan Agama untuk diberikan bimbingan keluarga sakinah. Dalam memberikan bimbingan keluarga sakinah dipengaruhi oleh suku, adat, ras, agama, atapun budaya, oleh karena setiap Kepala Kantor Urusan Agama pastilah memaknai harmonis dalam berkeluarga dengan berbeda-beda namun dengan tujuan yang sama untuk memperbaiki hubungan pasangan suami istri agar terjaga keharmonisan dalam berkeluarga. Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Candi Laras Selatan Kabupaten Tapin dalam memaknai harmonis dalam berkeluarga mendasari keilmuan, pendapat tokok-tokoh agama, dan istilahistilah dari bahasa Banjar. Tujuan dalam penelitian adalah untuk menemukan makna harmonis dalam berkeluarga berdasarkan kajian Islam dan menurut Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Candi Laras Selatan Kabupaten Tapin sebagai salah satu kontribusi ilmu pengetahuan dengan harapan serta manfaat bagi setiap insan. Metode penelitian menggunakan penelitian hukum empiris dilengkapi dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi, kemudian mengolah dan mengklasifikasikan data dan disajikan secara kualitatif lalu menganalisis dengan pendekatan sosiologi hukum dan psikologi hukum. Dari hasil penelitian dilapangan ditemukan dengan istilah 4 (empat) ras ciri-ciri keluarga yang bahagia yaitu pertama Maras yakni kasih sayang, kedua Waras (rasional) yakni masuk akal dalam rumah tangga janganlah terlalu memakai perasaan dan nafsu secara berlebihan ketika terjadi pertengkaran salah satu dari pasangan haruslah dapat mengalah untuk meredamkan pertengkaran, ketiga Baras (beras) yakni tentang perekonomian untuk kebutuhan pangan, keempat Karas (keras) yakni kemampuan untuk kebutuhan biologis, tidak lemah syahwat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dr Ahdie Anwary
Date Deposited: 02 Aug 2022 00:14
Last Modified: 02 Aug 2022 00:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20007

Actions (login required)

View Item View Item