EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGGUNAAN AYAT AL-QUR’AN UNTUK MEMPERLANCAR REZEKI OLEH MASYARAKAT KECAMATAN PULAU LAUT UTARA KABUPATEN KOTABARU

Nugraha, Kenang Gandhi (2022) PENGGUNAAN AYAT AL-QUR’AN UNTUK MEMPERLANCAR REZEKI OLEH MASYARAKAT KECAMATAN PULAU LAUT UTARA KABUPATEN KOTABARU. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (504kB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini merujuk pada pola interaksi masyarakat terhadap al-Qur’an. Masyarakat mencoba berinteraksi menerapkan al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Beragam cara yang dilakukan masyarakat dalam berinteraksi dengan al-Qur’an, ada yang hanya membacanya untuk memperoleh perlindungan, mengamalkannya untuk terapi pengobatan, mengamalkannya untuk mencari jodoh, kemudian ada pula yang menggunakan ayat al-Qur’an untuk memperlancar rezeki. Ini merupakan salah satu bentuk fenomena living Qur’an, karena dalam proses penggunaannya turut menyertakan ayat-ayat al-Qur’an. Dalam penelitian ini membahas tentang penggunaan ayat al-Qur’an untuk memperlancar rezeki oleh masyarakat Kotabaru Kecamatan Pulau Laut Utara yang mana masyarakatnya mengamalkan beberapa surah dalam al-Qur'an untuk memperlancar rezeki. Misalnya, nelayan yang menempel wafaq ayat seribu dinar didalam kapalnya agar memperlancar rezeki dan para pedagang yang mengamalkan surah al-Waqiah, al-ikhlas dan lain-lain agar dagangannya laris. Penelitian ini berfokus pada latar belakang dan tujuan penggunaan serta pengaplikasian ayat al-Qur’an yang digunakan untuk memperlancar rezeki. Penelitian ini berfokus pada beberapa masalah pembahasan dengan rumusan masalah. Pertama Apa saja ayat-ayat al-Qur’an yang dipercayai oleh masyarakat di Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru untuk memperlancar rezeki tersebut? dan kedua bagaimana pemahaman masyarakat Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru terhadap bacaan ayat al-Qur’an untuk memperlancar rezeki? Penelitian ini berjenis Penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh di lapangan dirangkum dengan memilih hal-hal pokok serta disusun secara sistematis. Kemudian diuraikan atau disajikan dalam laporan hasil penelitian dan dilakukan analisis secara kualitatif. Adapun hasil penelitian ini yaitu bahwa surah atau ayat yang digunakan untuk memperlancar rezeki adalah al-Baqarah ayat 285-286, al-Waqiah 1-96, athThalaq 2-3, al-Insyirah 1-8, al-Balad 1-20, Yasin 1-83, al-Ikhlas 1-4. Latar belakang penggunaan ayat alQur’an untuk memperlancar rezeki karena adanya keutamaan-keutamaan dari surah atau ayat-ayat al-Qur’an tersebut terutama dapat memperlancar rezeki.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 03 Aug 2022 00:17
Last Modified: 03 Aug 2022 00:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20042

Actions (login required)

View Item View Item