EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

TANGGAPAN MASYARAKAT KECAMATAN BELAWANG KABUPATEN BARITO KUALA TERHADAP SIARAN DAKWAH TVRI BANJARMASIN

Salamah, Miftahul (2022) TANGGAPAN MASYARAKAT KECAMATAN BELAWANG KABUPATEN BARITO KUALA TERHADAP SIARAN DAKWAH TVRI BANJARMASIN. Skripsi, Dakwah dan Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (739kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (923kB)

ABSTRAK

Di latar belakangi bahwa media sangat berperan dalam merubah pola pikir dan pola sikap dalam kehidupan masyarakat. Perubahan pola sikap dan pola pikir tersebut dipengaruhi oleh yang apa di tonton. TVRI Banjarmasin merupakan media yang menayangkan program acara lebih mengedepankan nilai-nilai pendidikan/pengetahuan, hiburan serta keagamaan. Siaran keagamaan yang ditayangkan oleh TVRI Banjarmasin bertujuan meningkatkan keimanan dan perbaikan kehidupan bagi yang menontonnya serta memberikan kesejukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Siaran keagamaan merupakan salah satu program dakwah TVRI yang disiarkan pagi hari setiap hari Senin samapai dengan Ahad baik secara live maupun siaran tunda. Berdasarkan latar belakang itulah, maka penulis meneliti tentang Tanggapan Masyarakat Kecamatan Belawang Kabupaten Barito Kuala tentang siaran Dakwah TVRI Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan deskriptif analisis yang mengambil sampel sebanyak 65 orang yang berlokasi di Kecamatan Belawang Kabupaten Barito Kuala. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, dan dokumenter. Setelah data yang ada terkumpul maka selanjut diolah dan dianalis. Hasil dari penelitian ini mengenai tanggapan masyarakat Kecamatan Belawang Kabupaten Barito Kuala terhadap siaran Dakwah TVRI Banjarmasin adalah sebanyak 12 orang atau 18% responden yang tidak mengetahui adanya dakwah “Serambi Islami, Ma’rifat, tasauf” di TVRI, hal ini terjadi karena tayangan hiburan lebih menarik serta diminati oleh penonton televisi dibandingkan dengan siaran dakwah. Responden yang menjawab mengetahui program atau siaran dakwah di TVRI Banjarmasin sebanyak 53 orang atau 82%. Hal ini dikarenakan jam yang tepat dengan acara santainya masyarakat di rumah sebelum pergi beraktifitas dipagi hari. Mengenai kehidupan sosial keagamaan setelah rutin mengikuti dakwah “mutiara hadis”, diperoleh berbagai macam jawaban dari responden, tapi intinya adalah bahwa adanya perubahan lebih baik dari sebelumnya, tambahnya pemahaman keagamaan akan membawa pribadi yang sholeh, menjaga diri dari hal hal yang haram atau perbuatan dosa. Adanya kesadaran bahwa apa yang dikerjakan hidup didunia akan dipertanggung jawabkan dihadapan Allah SWT kelak di akhirat.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 03 Aug 2022 00:15
Last Modified: 03 Aug 2022 00:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20043

Actions (login required)

View Item View Item