EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

RITUAL MANAJAK TIHANG RUMAH DI DESA PARAMAIAN KECAMATAN DAHA UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

Fashillah, Fashillah (2022) RITUAL MANAJAK TIHANG RUMAH DI DESA PARAMAIAN KECAMATAN DAHA UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (228kB)
[img] Text
180103010287_Fashillah_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
180103010287_Fashillah_ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
180103010287_Fashillah_BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
180103010287_Fashillah_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
180103010287_Fashillah_BAB III.pdf

Download (214kB)
[img] Text
180103010287_Fashillah_BAB IV.pdf

Download (594kB)
[img] Text
180103010287_Fashillah_BAB V.pdf

Download (128kB)
[img] Text
180103010287_Fashillah_ Daftar Pustaka .pdf

Download (238kB)
[img] Text
180103010287_Fashillah_Lampiran-lampiran.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Dalam kalangan masyarakat Banjar terdapat berbagai rangkaian tradisi atau kepercayaan yang harus dilakukan saat membangun rumah, mulai dari hal yang berkenaan dengan bidang tanah yang akan dijadikan lokasi rumah yang akan dibangun, ukuran dan bentuk rumah yang akan di bangun, waktu untuk mulai membangun rumah, proses, dan berbagai kegiatan selamatan hingga sampai mendiami rumah baru. Masyarakat Desa Paramaian Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan misalnya juga melaksanakan ritual manajak tihang rumah di antara berbagai rangkaian tradisi atau kepercayaan yang harus dilakukan saat membangun rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran ritual manajak tihang rumah dan kepercayaan masyarakat Desa Paramaian Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan tentang ritual manajak tihang rumah tersebut. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research), dan bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan antropologi. Adapun subjek yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah masyarakat yang membangun rumah dan melaksanakan ritual manajak tihang serta tinggal di Desa Paramaian Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Untuk mengumpulkan data yang terkait dengan penelitian ini, ada beberapa teknik yang digunakan yakni: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat di Desa Paramaian Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai selatan masih mempercayai dan mempertahankan ritual manajak tihang rumah pada saat membangun rumah baru. Ritual manajak tihang rumah diadakan di lantai rumah yang sedang dibangun dan akan dipasang tiang-tiang pokoknya. Pelaksanaan ritual inti manajak tihang rumah dilaksanakan mulai dari malam hari sebelum ritual inti dilaksanakan, yakni dimulai dari shalat Maghrib berjamaah, salat hajat berjamaah, selamatan hingga tiang akhirnya ditegakkan sesuai waktu yang sudah ditentukan. Mereka percaya bahwa dengan diadakannya ritual tersebut maka rumah yang dibangun nantinya akan nyaman untuk ditempati, terhindar dari mara bahaya atau terhindar dari gangguan makhluk-makhluk halus, pemilik rumah mendapatkan keselamatan dunia-akhirat dan orang-orang di dalam rumah senantiasa rukun. Namun demikian, tidak sedikit pula masyarakat yang melaksanakan ritual manajak tihang ini karena berdasarkan hanya sebatas melaksanakan tradisi yang sudah turun temurun, dan juga sebagai perwujudan akan patuhnya terhadap perintah orang tua mereka.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:45
Last Modified: 03 Aug 2022 03:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20048

Actions (login required)

View Item View Item