EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI IPA MAN 4 BANJAR

Amaliah, Nor (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI IPA MAN 4 BANJAR. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan di MAN 4 Banjar tentang pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi Sistem Koloid yang dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan minat belajar peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran pada proses belajar berlangsung. Kebutuhan akan media pembelajaran berbasis android ini didasarkan pada kenyataan bahwa belum ada media pembelajaran interaktif dan menarik yang digunakan dalam pembelajaran Kimia materi Sistem Koloid kelas XI MAN 4 Banjar. Tujuan penelitian ini, yaitu: mengetahui validitas pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi sistem koloid Kelas XI IPA MAN 4 Banjar, dan mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi sistem koloid Kelas XI IPA MAN 4 Banjar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Research and Development (R & D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE, yaitu tahap penelitian Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan dan Pembuatan Produk (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Akan tetapi pada penelitian ini tahap evaluasi tidak dilakukan Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI IPA di MAN 4 Banjar tahun pelajaran 2021/2022. Media pembelajaran yang dikembangkan didasarkan pada hasil penilaian ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran dan respon peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis android. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: tingkat validitas produk media pembelajaran berbasis android pada materi sistem koloid mendapatkan persentese tingkat kevalidan sebesar 79% dengan kategori valid, penilaian dari ahli media mendapatkan persentase tingkat kevalidan sebesar 95% dengan kategori sangat valid, penilaian dari guru mata pelajaran kimia kelas XI MAN 4 Banjar mendapat persentase 85% dengan kategori valid, dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis android untuk uji coba lapangan mendapat persentase penilaian 89% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:24
Last Modified: 04 Aug 2022 02:24
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20080

Actions (login required)

View Item View Item