EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KEGIATAN KEAGAMAAN YAYASAN AL AJYB DALAM PEMBINAAN ANAK JALANAN DI KOTA BANJARMASIN

Khasanah, Shinta Nurridho (2022) KEGIATAN KEAGAMAAN YAYASAN AL AJYB DALAM PEMBINAAN ANAK JALANAN DI KOTA BANJARMASIN. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (967kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Manusia adalah makhluk yang selalu melakukan interaksi dengan manusia lainnya. Seorang manusia tidak dapat mencapai apa yang ia inginkan tanpa bantuan dari manusia lain. Dalam kehidupan banyak sekali yang dilakukan manusia tidak hanya makan, minum dan mandi. Namun manusia disibukkan dengan berbagai macam kegiatan agar bisa bertahan hidup di bumi bersama dengan pedoman tuhan yang harus dilakukan dan ditaati untuk kelangsungan hidup. Agar hidup menjadi tentram, harmonis dan damai manusia membutuhkan suatu kegiatan agar jasmani dan rohani terpelihara sesuai anjuran Tuhan, kegiatan ini disebut dengan kegiatan keagamaan. Mengenai kegiatan keagamaan setiap orang mengetahui bahwa kegiatan itu bisa dilakukan dan dilaksanakan oleh orang yang terdidik dari kecil melalui bimbingan orang tua maupun di tingkat sekolah. Berbeda dengan anak jalanan mereka tidak bersekolah dan tidak didik oleh orang tuannya perihal agama, yang mereka ketahui hanya makan, kerja di jalan dan tidur. Istilah mengganggu dan tidak terdidik sudah menjadi sebutan yang biasa untuk anak jalanan yang berada di jalan kota Yayasan ini bertempat di Jalan Sutoyo S, No. 1, RT. 27, RW.02 Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Banjarmasin Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan keagamaan yang dilaksanakan yayasan Al-Ajyb dalam pembinaan anak jalanan di Kota Banjarmasin, untuk mengetahui dampak yang dirasakan anak jalanan setelah mendapatkan pembinaan, dan untuk mengetahui pandangan beberapa masyarakat tentang anak jalanan yang telah dibina oleh yayasan Al-Ajyb. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research), meggunakan metode desktiftif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi agama. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan keagamaan yang didadakan yayasan Al-Ajyb diklasifikan ke dalam 4 aktifitas, yaitu kegiatan pembelajaran (ta’lim), kegiatan sosial kemasyarakatan, kegiatn ekonomi (muamalah), kegiatan seni. Dampak yang dirasakan anak jalanan ada 2, pertama dampak keberagmaan berupa perubahan dari segi ritual setelah bergabung mereka mengetahui ibadah yang baik dan benar menurut islam, meski masih pada tahap belajar dan belum sempurna. Dampak kepribadian, dengan kegiatan keagamaan anak jalanan berproses menjadi pribadi yang lebih baik di mulai dari ucapan yang tidak dasar, menghormati orang lain, menjauhi hal tidak baik seperti mabuk, mencopet, melakukan kriminal lainnya. Pandangan beberapa masyarakat memiliki pandangan bahwa anak jalanan mengalami perubahan dan ada yang berpendapat tidak mengalami perubahan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 05 Aug 2022 06:53
Last Modified: 05 Aug 2022 06:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20115

Actions (login required)

View Item View Item