EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH PROGRAM ADIWIYATA TERHADAP KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI SDN SN KURIPAN 2 BANJARMASIN

Aufa, Mutia (2022) PENGARUH PROGRAM ADIWIYATA TERHADAP KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI SDN SN KURIPAN 2 BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (906kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana sikap peserta didik terhadap program adiwiyata di SDN SN Kuripan 2 Banjarmasin, untuk mendeskripsikan bagaimana karakter peduli lingkungan peserta didk di SDN SN Kuripan 2 Banjarmasin, dan untuk menguji apakah ada pengaruh program adiwiyata terhadap karakter peduli lingkungan peserta didik di SDN SN Kuripan 2 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah program adiwiyata di SDN SN Kuripan 2 Banjarmasin, sedangkan subjeknya adalah peserta didik di SDN SN Kuripan 2 Banjarmasin yang berjumlah 97 orang. Data dikumpulkan dengan teknik menggunakan obervasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap peserta didik terhadap program adiwiyata di SDN SN Kuripan 2 Banjarmasin memperoleh rata-rata persentase sebesar 47% menjawab Sangat Setuju, 43% menjawab Setuju, 9% menjawab Tidak Setuju, dan 1% menjawab Sangat Tidak Setuju. Program adiwiyata di SDN SN Kuripan 2 Banjarmasin termasuk dalam kategori cukup baik. Kategori cukup baik tersebut dibuktikan berdasarkan pada perhitungan SPSS yaitu berada pada persentase 57,89% yang dibulatkan menjadi 58% dari 97 sampel. Hal ini juga terlihat dari terlaksananya beberapa kegiatan pokja adiwiyata di SDN SN Kuripan 2 Banjarmasin. Karakter peduli lingkungan peserta didik di SDN SN Kuripan 2 Banjarmasin memperoleh rata-rata persentase yaitu sebesar 56% menjawab Sangat Setuju, 30% menjawab Setuju, 11% menjawab Tidak Setuju, dan 3% menjawab Sangat Tidak Setuju. Karakter peduli lingkungan pada peserta didik yang ada di SDN SN Kuripan 2 Banjarmasin berada pada kategori cukup baik, hal ini dilihat dari hasil perhitungan SPSS dengan persentase 60,83% yang dibulatkan menjadi 61% dari 97 sampel. Berdasarkan sudut pandang peneliti, karakter peduli lingkungan di sekolah ini sudah cukup baik, kepedulian mereka untuk saling mengingatkan menjaga kebersihan sangat tinggi. Arahan dan bimbingan dari tenaga pendidik juga sangat berpengaruh tumbuhnya karakter peduli lingkungan ini. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji hipotesis, diperoleh korelasi sebesar 0,223 dan nilai signifikansi sebesar 0,028. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif dan pengaruh yang signifikan dari program adiwiyata terhadap karakter peduli lingkungan peserta didik di SDN SN Kuripan 2 Banjarmasin.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Aug 2022 07:00
Last Modified: 12 Aug 2022 07:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20288

Actions (login required)

View Item View Item