EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS) HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANJARMASIN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

Rizaldi, Ardi (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS) HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANJARMASIN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kesulitan yang sering kali dialami dalam dunia pendidikan terkhusus untuk mata pelajaran matematika ialah kurangnya kemampuan berpikir logis peserta didik. Model pembelajaran LAPS-Heuristik diharapkan dapat mempengaruhi kemampuan berpikir logis dan kekreatifan peserta didik dalam menemukan alternatif peyelesaian dari sebuah permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir logis siswa menggunakan model pembelajaran LAPS�Heuristik dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negri 6 Banjarmasin tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampelnya ialah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Banjarmasin dengan kelas VIII I sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dan kelas VIII H sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran LAPS-Heuristik. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Kemampuan berpikir logis siswa dengan model pembelajaran LAPS-Heuristik mencapai nilai rata-rata 80,0 berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase siswa yang mendapatkan skor kemampuan berpikir logis diatas 70 sebesar 73%. (2) Kemampuan berpikir logis siswa dengan model pembelajaran konvensional mencapai nilai rata-rata 64,0 berada pada kategori tinggi dan siswa yang mendapat skor kemampuan berpikir logis diatas 70 sebesar 40%. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir logis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran LAPS-Heuristik dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:37
Last Modified: 16 Aug 2022 03:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20338

Actions (login required)

View Item View Item