EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KHASIAT BANYU TAWAR DALAM PANDANGAN MASYARAKAT BANJAR DESA PULAU ALALAK

Karina, Kana (2022) KHASIAT BANYU TAWAR DALAM PANDANGAN MASYARAKAT BANJAR DESA PULAU ALALAK. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN..pdf

Download (186kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (909kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (596kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)
[img] Text
LAMPIRAN..pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Tradisi meminta air doa (banyu tawar) merupakan suatu kebiasaan yang berlangsung sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Banjar. Praktik masyarakat dalam meminta air doa (banyu tawar) ini ditujukan kepada seorang ulama, tuan guru, ataupun pananamba. Dalam pandangan masyarakat Banjar, air doa (banyu tawar) dimaknai berkhasiat karena mampu menyimpan pesan-pesan doa yang dibacakan oleh seorang ulama, guru, ataupun pananamba. Berkhasiat mengandung arti suci dan bertuah yang dapat memberikan efek magis dan psikologis bagi yang meminumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan dan tujuan masyarakat Banjar Desa Pulau Alalak dalam meminta banyu tawar. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research), dan bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Adapun subjek yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Pulau Alalak. Untuk mengumpulkan data yang relevan dengan penelitian ini, ada beberapa teknik yang digunakan, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa Pulau Alalak masih mempertahankan tradisi meminta banyu tawar kepada seorang pananamba (ahli pengobatan). Dalam pandangan mereka, banyu tawar merupakan bagian sistem pengobatan tradisional dalam mengobati suatu jenis penyakit. Walaupun demikian, masyarakat Desa Pulau Alalak juga memandang banyu tawar ini dapat membawa keberkahan dan kebaikan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Masyarakat Desa Pulau Alalak mempercayai banyu tawar memiliki khasiat tertentu, tergantung pada niat mereka ketika hendak meminta. Dalam tradisi meminta banyu tawar ini dibutuhkan kepercayaan dan keyakinan yang kuat bahwa Allah Swt yang dapat memberikan kesembuhan maupun keberkahan dalam air tersebut melalui makna dari doa-doa maupun ayat-ayat suci al-Qur‟an setelah dibacakan oleh seorang pananamba atau orang alim. Masyarakat Desa Pulau Alalak memiliki tujuan yang beragam dalam mempraktekkan tradisi meminta banyu tawar ini. Mengenai bentuk tujuan tersebut, meliputi untuk mendapatkan kesembuhan atas suatu penyakit, untuk mendapatkan keselamatan, untuk mendapatkan kemudahan dalam mengandung dan melahirkan, untuk mendapatkan kelancaran segala urusan, dan untuk mendapatkan keberkahan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:46
Last Modified: 29 Aug 2022 01:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20421

Actions (login required)

View Item View Item