EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MAKNA TRADISI PERAYAAN IMLEK DI KLENTENG SOETJI NURANI BANJARMASIN

HAIRIYAH, HAIRIYAH (2022) MAKNA TRADISI PERAYAAN IMLEK DI KLENTENG SOETJI NURANI BANJARMASIN. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN..pdf

Download (184kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (899kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (689kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (395kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Pada awalnya, Tahun Baru Imlek adalah perayaan untuk menyambut musim semi sebagai bentuk harapan baru bagi petani di Tiongkok. Dalam perayaan ini terpelihara sebuah ritual yang menjadi inti dari perayaan Tahun Baru Imlek. Menyambut akan perayaan Tahun Baru Imlek ini oleh etnis Tionghoa melakukannya di tempat ibadah yaitu dengan melakukan sembahyang Imlek dan berbagai tradisi penyambutan Tahun Baru Imlek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk tradisi dalam perayaan Tahun Baru Imlek dan untuk mengetahui pemaknaan penganut Tri Dharma terhadap tradisi perayaan Tahun Baru Imlek di Klenteng Soetji Nurani Banjarmasin. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi agama. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus Klenteng Soetji Nurani Banjarmasin yang memiliki pengalaman mendalam terkait tradisi perayaan Tahun Baru Imlek serta pemaknaannya. Untuk teknik pengumpulan data, dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahun baru Imlek dirayakan selama 15 hari dengan serangkaian tradisi�tradisi yang dilakukan. Diawali dengan tradisi menghantarkan Toa Pekong atau Dewa Dapur naik ke langit yang dimaknai agar mendapat keberkahan di tahun yang baru. Tradisi bersih-bersih area klenteng dimaknai sebagai penyambutan Tahun Baru Imlek. Tradisi makan malam bersama keluarga besar serta sembahyang leluhur yang dimaknai sebagai bentuk keharmonisan dan wujud bakti kepada para leluhur. Tradisi berjaga sepanjang malam (begadang) dimaknai sebagai momen dikabulkannya doa-doa. Tradisi mengenakan pakaian berwarna merah atau emas yang dimaknai agar mendapat keberuntungan. Tradisi berbagi angpao yang dimaknai agar memperlancar rezeki. Serta tradisi sembahyang Tuhan yang dimaknai sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada Thian yang diimplementasikan melalui sembahyang. Dengan demikian, Tahun Baru Imlek dimaknai sebagai bentuk harapan baru dan momen menyatukan keluarga besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:46
Last Modified: 29 Aug 2022 01:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20422

Actions (login required)

View Item View Item