EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PjBL-STEM TERHADAP HASIL BELAJAR KOLOID SISWA KELAS XI IPA DI MAN 1 BANJARMASIN

Elva, Yuhana (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PjBL-STEM TERHADAP HASIL BELAJAR KOLOID SISWA KELAS XI IPA DI MAN 1 BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (29MB)

ABSTRAK

PDAM Bandarmasih menggunakan air sungai Martapura sebagai bahan baku utama yang diproduksi untuk instalasi pengolahan air bersih sehingga dapat digunakan oleh masyarakat kota Banjarmasin, untuk meminimalisir kebutuhan PDAM diperlukan suatu alat penjernihan air. Pembuatan alat penjernihan air menjadi solusi agar air yang kotor bisa berubah menjadi jernih sehingga dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Penjernihan air merupakan penerapan dari materi koloid karena dalam proses penjernihannya menerapkan sifat koagulasi dan adsorpsi. Materi ini merupakan materi yang bersifat teoritis (hafalan), agar siswa tidak mudah merasa bosan dan sulit memahami materi ini perlu adanya model pembelajaran yang mampu mendorong siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran. Pengintegrasian model pembelajaran Project Based Learning-Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (PjBL-STEM), mendorong siswa agar dapat memahami konsep pembelajaran dengan membuat produk yang terintegrasi konsep science, technology, engineering, dan mathematics, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. PjBL-STEM ini juga mengajak siswa untuk membuat alat penjernihan air sederhana yang bisa digunakan di rumah, apabila hal ini sukses maka dapat mengurangi biaya pengeluaran bulanan di rumah tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL-STEM terhadap hasil belajar koloid siswa kelas XI IPA di MAN 1 Banjarmasin. Desain penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel penelitian ini diambil dengan teknik Purposive Sampling. Tes materi koloid terdiri dari 20 soal pre-test dan post-test dengan hasil validasi sebesar 97,03% soal pre-test dan 97,36% soal post-test. Koefisien reliabilitas yang diukur dengan persamaan Cronbach’s Alpha, sebesar 0,951 soal pre-test dan 0,943 soal post-test. Data hasil belajar kognitif dianalisis dengan uji Mann Whitney. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji Mann Whitney diperoleh bahwa nilai asymp. sig. (2-tailed) data post-test adalah 0,035 < 0,05 maka H0 ditolak artinya ada pengaruh model pembelajaran PjBL-STEM terhadap hasil belajar koloid siswa kelas XI IPA di MAN 1 Banjarmasin.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Sep 2022 05:55
Last Modified: 01 Sep 2022 05:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20482

Actions (login required)

View Item View Item