EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGGUNAAN AYAT SUCI AL-QUR’AN SEBAGAI RAJAH PADA MASYARAKAT MUARA TUPUH KECAMATAN LAUNG TUHUP KALIMANTAN TENGAH.

Hakim, Ade Griyarman (2022) PENGGUNAAN AYAT SUCI AL-QUR’AN SEBAGAI RAJAH PADA MASYARAKAT MUARA TUPUH KECAMATAN LAUNG TUHUP KALIMANTAN TENGAH. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Al-Qur’an bisa dijadikan petunjuk dalam kehidupan dan penyembuh/syifa. Akan tetapi pada sebagian masyarakat Desa Muara Tupuh Kecamatan Laung Tuhup, Kalimantan Tengah ayat al-Qur’an digunakan sebagai rajah. Rajah ini biasa ditempatkan di pintu rumah, di dalam tas, dan di dalam dompet dengan tujuan untuk perlindungan diri atau harta benda. Adapun yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimana praktek penggunaan rajah di Desa Muara Tupuh, (2) Bagaimana pemahaman Masyarakat yang menggunakan ayat al-Qur’an sebagai rajah diDesa Muara Tupuh Kecamatan Laung Tuhup Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, dengan menghubungkan data-data yang diperoleh dilapangan mengenai penggunaan ayat al-Qur’an sebagai rajah dengan teori living Qur’an. Hasil penelitian yang ditemukan di antaranya: mengenai ayat al-Qur’an yang digunakan sebagai rajah oleh masyarakast desa Muara Tupuh adalah Qs. An�Nur(24):55, Qs. Yusuf(12 ):31, Qs. al-Baqarah(2 ):255. Praktek Qs. An-Nur ayat 55 ialah dengan dituliskan dikertan kemudian ditempelkan disebuah rumah dan dalam tas. rajah tersebut meliliki suatu maanfaat yang diyakini bisa melindungi mereka. rajah terhadap surah an-Nur ayat 55, ayat yang ditulis: (layastahlifannahum, layumakkinnalahum, walayumakkinalahum) adapun pemahamannya adalah untuk melindungi harta benda, rajah ini ditempatkan di pintu rumah atau bisa juga diletakkan dalam tas saat perjalanan jauh. Praktek Qs. Yusuf(12):31 ialah dengan menuliskannya dikertas kemudian membuatnya kedalam kain hitam, adapun pemhaman masyarakat desa tupuh terhadap ayat tersebut diyakini bisa memikat hati wanita dan membuat orang-orang disekitar suka terhadapnya atau bisa mempermudah segala urusan yang ingin dicapai. Praktek penggunaan Qs. Al-Baqarah(2) ialah dengan ditempelkan ke dinding-dinding rumah, menurut pemahaman masyarakat Desa Tupuh ayat tersebut bisa menangkal ruh-ruh jahat seperti jin dan iblis agar tidak bisa memasuki rumah, khasiat dari ayat kursi apabila di amalkan juga bisa menjaga diri dari godaan syaiton.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 08 Sep 2022 00:18
Last Modified: 08 Sep 2022 00:18
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20556

Actions (login required)

View Item View Item