EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MENGHAFAL AL-QUR’AN SECARA DARING PADA MATA KULIAH TAHFIZH AL-QUR’AN TAHUN AJARAN 2020-2021

Asiah, Asiah (2022) MENGHAFAL AL-QUR’AN SECARA DARING PADA MATA KULIAH TAHFIZH AL-QUR’AN TAHUN AJARAN 2020-2021. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (704kB)

ABSTRAK

Menghafal al-Qur’an adalah suatu kegiatan yang mulia, bernilai ibadah dan dapat meningkatkan ketaqwaan sehingga penghafalnya akan memperoleh ketentraman jiwa. Pembelajaran tahfizh atau menghafal al-Qur’an merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa/i jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora. Pada akhir tahun 2019-2021 dunia digegerkan dengan wabah yang bernama Corona Virus Disease atau dikenal dengan Covid-19. Maka alternatif pembelajaran pada masa pandemi ini, dilakukan dengan pemanfaatan internet dan teknologi multimedia. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses mahasiswa/i dalam menghafal al-Qur’an secara daring pada mata kuliah tahfizh tahun ajaran 2020-2021. (2) Apa saja kendala yang menghambat proses mahasiswa/i dalam menghafal al-Qur’an secara daring pada mata kuliah tahfizh al�Qur’an dan bagaimana solusinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseacrh) dengan lokasi di UIN Antasari fakultas ushuluddin dan humaniora, prodi ilmu al-Qur’an dan tafsir. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang dimaksud dengan kuesioner adalah berupa pertanyaan tertutup dan terbuka kepada para responden dengan melalui internet. Adapun wawancara adalah yang peneliti lakukan dengan informan dan responden terkait menghafal al-Qur’an secara daring. Sedangkan dokumentasi adalah penggunaan berkas, rekaman, catatan dan lainnya untuk mendukung data wawancara. Dan untuk menguji data yang diperoleh, peneliti teori tahfizh al-Qur’an secara daring dan problematikanya. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) Proses menghafal al-Qur’an secara daring ini cukup efektif dilaksanakan dengan menyetorkan hafalan melalui media pendukung dalam pembelajaran seperti google meet dan lain-lain. Adapun metode yang sering digunakan mahasiswa/i dalam menghafalkan al-Qur’an secara daring yaitu salah satunya metode wahdah dan masih banyak lagi metode lainnya. (2) Problematika mahasiswa/i dalam menghafal al-Qur’an secara daring terbagi dua, yaitu kendala internal seperti rasa malas dan kendala eksternal seperti pengaruh lingkungan serta masih banyak kendala-kendala lainnya. Adapun solusi dalam mengatasi problematika tersebut adalah dengan memotivasi diri, berupaya mengulang-ulang hafalan yang telah dihafal, dan lain sebagainya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 11 Oct 2022 01:33
Last Modified: 11 Oct 2022 01:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20770

Actions (login required)

View Item View Item