EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Buku Ilmiah Populer Manfaat Limbah Cair Tahu Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi Hijau (Brassica juncea L.)

Hendra, Hendra (2022) Pengembangan Buku Ilmiah Populer Manfaat Limbah Cair Tahu Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi Hijau (Brassica juncea L.). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (762kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (911kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

ABSTRAK

Pengembangan, Educational Design Research (EDR), Tanaman Sawi Hijau (Brassica juncea L.). Limbah cair tahu memiliki kandungan organik dan anorganik yang sangat berbahaya jika dibuang ke lingkungan secara langsung tanpa pengolahan terlebih dahulu, banyaknya kandungan organik dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair melalui fermentasi menggunakan bio-aktivator EM4 sehingga dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan tanaman sawi hijau. Tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan pengaruh pemberian limbah cair tahu terhadap pertumbuhan tanaman sawi hijau, (2) Mendeskripsikan konsentrasi limbah cair tahu yang paling optimal dalam pertumbuhan tanaman sawi hijau. (3) Mendeskripsikan validitas Buku Ilmiah Populer (BIP) dengan judul “Manfaat Limbah Cair Tahu Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi Hijau.” Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Educational Design Research (EDR) yang didasarkan pada studi eksperimental dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Non Faktorial. Konsentrasi yang digunakan adalah T0: 0%, T1: 10%, T2: 20%, T3: 30%, dan T4: 40% dengan 5 parameter pengamatan yaitu; tinggi tanaman, jumlah helai daun, panjang daun, lebar daun, dan berat segar tanaman. Data di analisis menggunakan uji ANOVA pada taraf signifikan 5% (α = 0,05), dan menggunakan uji lanjut LSD. Hasil penelitian dikembangkan menjadi produk Buku Ilmiah Populer (BIP) dengan tahap uji evaluatif Tessmer yang dibatasi sampai evaluasi diri (self evaluation) dan tinjauan ahli (expert review). Hasil penelitian terdapat pengaruh pemberian pupuk organik cair dari limbah cair tahu terhadap pertumbuhan tanaman sawi hijau di setiap minggu pengambilan data (14 HST, 21 HST, 28 HST, dan 35 HST) di semua parameter pengamatan dibuktikan dengan semua nilai P (sig) < 0,05. Perlakuan T4: 40% merupakan perlakuan paling optimal dan berpengaruh di semua parameter pengamatan. Berdasarkan uji validasi oleh ahli materi dan ahli media, BIP yang dikembangkan mendapatkan rata-rata persentase 89% dengan kategori sangat valid.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 19 Dec 2022 05:34
Last Modified: 19 Dec 2022 05:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21234

Actions (login required)

View Item View Item