EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tilawah Al-Qur’an di Majelis Taklim Raudhatul Mukhlishin Sangatta

Lukman, Rifansyah (2022) Tilawah Al-Qur’an di Majelis Taklim Raudhatul Mukhlishin Sangatta. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (665kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (611kB)

ABSTRAK

Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi perkembangan pesat dalam seni melantunkan Al-Qur’an di Indonesia, khususnya di kabupaten Kutai Timur. Maraknya bermunculan qâri dan qâri`ah berkat perkembangan Musâbaqah Tilâwatil Qur’ân dari tahun ke tahun dan adanya eksposur dari media sosial yang kian marak menampilkan keindahan bacaan Al-Qur’an para qâri-qâri`ah , sehingga banyak yang mulai tertarik mempelajarinya, antusiasme masyarakat kian meningkat untuk mempelajarinya, baik dari kalangan muda, tua, pria maupun wanita. Bahkan banyak orang tua yang mengarahkan anaknya agar mempelajari tilawah Al-Qur’an ke halaqah tilawah Al-Qur’an yang dibimbing langsung oleh qâri-qâri`ah senior. Namun banyak orang yang terburu-buru ingin mempelajari tilawah Al-Qur’an, sehingga bacaan Al-Qur’an mereka tidak terdengar indah disebabkan masih banyaknya kesalahan dalam bacaan yang membuat hilangnya Dzauq dalam membawakan tilawah Al-Qur’an. Salah satu halaqah tilawah Al-Qur’an yang terdapat di kabupaten Kutai Timur adalah halaqah tilawah Al-Qur’an yang diselenggarakan oleh majelis taklim Raudhatul Mukhlishin. Halaqah tersebut berlokasi di kecamatan Sangatta Utara, kabupaten Kutai Timur, provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran tilawah Al-Qur’an di majelis taklim Raudhatul Mukhlishin dan mengetahui kualitas bacaan Al-Qur’an peserta halaqah tersebut. Metode yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. dalam penelitian ini penulis menjadikan bacaan Al- Qur’an para peserta halaqah tilawah Al-Qur’an di majelis taklim Raudhatul Mukhlishin Sangatta sebagai data. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta halaqah tilawah Al-Qur’an di majelis taklim Raudhatul Mukhlishin Sangatta. Adapun sampel dari penelitian ini berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes bacaan. Teknik analisis penelitian ini adalah menilai data dengan berlandaskan teori ilmu tilawah dan ilmu tajwid yang terdapat dalam buku metode Maisura. Temuan dalam penelitian ini menyatakan bahwa teknis pembelajaran sesuai dengan teori ilmu tilawah dan untuk segi kualitas bacaan dari 10 responden diperoleh 4 orang (40 %) dengan predikat sangat fasih, 5 orang (50 %) dengan predikat fasih , dan 1 orang (10 %) dengan predikat cukup fasih. Dengan nilai rata- rata 95,7 (A+) yang menunjukkan kualitas bacaan dengan kategori sangat fasih.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 22 Dec 2022 02:55
Last Modified: 22 Dec 2022 02:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21316

Actions (login required)

View Item View Item